Asus
Lantik Wakajati Sulut dan Kajari Manado, Kajati : Pengangkatan, Penempatan, Serta Alih Tugas Pejabat di Lingkungan Kejaksaan Merupakan Hal Yang Biasa dan Wajar

KLIKSULUT, MANADO - Bertempat di aula Sam Ratulangi Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara A. Dita Prawitaningsih, S.H., M.H., memimpin pelantikan, pengambilan sumpah jabatan dan serah terima jabatan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara dan Kepala Kejaksaan Negeri Manado, Rabu, 10 Maret 2021.

Adapun pejabat yang dilantik di antaranya Freddy Runtu, S.H., menjabat sebagai Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur di Kupang, menggantikan Raimel Jesaja, S.H., M.H., yang kini menjabat sebagai Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan di Makassar, dan Esther Patricia Tiarlan Sibuea, S.H., M.H., menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Manado, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Pelacakan Aset dan Pengelolaan Barang Bukti pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Republik Indonesia di Jakarta, menggantikan Maryono, S.H., M.H., yang kini menjabat sebagai Pejabat Fungsional Kejaksaan Tinggi Lampung. 

Dalam sambutannya, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara A. Dita Prawitaningsih, S.H., M.H, mengatakan bahwa kita semua menyambut kedatangan Bapak Fredy Runtu, S.H., sebagai Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara dan Ibu Esther Patricia Tiarlan Sibuea, S.H., M.H sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Manado, kiranya dapat mengemban dan melaksanakan amanah, dan semoga dengan kehadirannya dapat membawa nama Kejati Sulut untuk jadi lebih hebat.

Selanjutnya Kajati Sulut mengatakan bahwa prosesi pengangkatan, penempatan, dan alih tugas pejabat di lingkungan Kejaksaan merupakan hal yang biasa dan wajar dari kebijakan organisasi yang senantiasa terus dilakukan secara berkelanjutan, seiring dengan proses perjalanan organisasi yang harus terus bergerak maju secara berkesinambungan, guna memenuhi tuntutan tugas yang semakin kompleks dan berkembang tiada henti.

Kajati Sulut juga mengharapkan bagi pejabat yang dilantik, Bapak Freddy Runtu, S.H., sebagai Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, untuk dapat membantu dan mendukung kerja dari Kajati, membuat roda penegakan hukum untuk berjalan sesuai apa yang sudah digariskan dan memenuhi keadilan masyarakat dengan berhati nurani, dan juga kepada Ibu Esther Patricia Tiarlan Sibuea, S.H., M.H., sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Manado, untuk bekerja secara professional dan baik, sehingga wajah penegakan hukum di wilayah Kota Manado bisa terlihat, jagalah kepercayaan serta tingkatkan public trust.

Untuk membangun kejaksaan sebagaimana yang diharapkan, Kajati Sulut memberikan beberapa pokok arahan yang merupakan 7 program kerja prioritas Kejaksaan RI tahun 2021 yang harus segera dilaksanakan di jabatan yang baru tersebut, yaitu:

1.       Pendampingan dan pengamanan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam rangka percepatan pembangunan nasional;

2.       Pengawasan dan penegakan disiplin untuk mewujudkan Kejaksaan yang bersih dan professional;

3.       Pembentukan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pembangunan manajemen karir yang jelas, terstruktrur dan transparan, serta penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan yang tematik;

4.       Digitalisasi Kejaksaan untuk sistem kerja yang efisien, transparan, akuntabel dan berbasis tekonologi informasi;

5.       Penegakan hukum yang berkeadilan, serta memberikan kemanfaatan, khususnya dalam upaya memulihkan korban kejahatan dan memperbaiki pelaku;

6.       Penanganan perkara tindak pidana korupsi yang berkualitas dan berorientasi penyelamatan keuangan negara;

7.       Penyelesaian perkara dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang berat secara tuntas, bermartabat, dapat diterima oleh berbagai pihak dan dengan ketentuan yang berlaku Menutup sambutannya, Kajati Sulut kembali menekankan harapannya bagi pejabat yang baru dilantik untuk mampu menterjemahkan, sehingga diharapkan dapat mewujudkan Kejaksaan yang professional, modern, bermartabat, sekaligus menjadi lembaga yang mampu memberikan pelayanan bagi masyarakat, bangsa, dan negara ini lebih baik lagi.

Kajati Sulut juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Bapak Raimel Jesaja, S.H., M.H., bersama ibu dan Bapak Maryono, S.H., M.H., bersama ibu, atas segala bentuk pengabdian dan kerja terbaik yang sudah diberikan selama bertugas di Sulawesi Utara, sekaligus mengharapkan agar bisa lebih berhasil lagi ketika mengemban tugas di tempat yang baru.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Asisten Pembinaan A. Syahrir Harahap, S.H., M.H., Asisten Pengawasan Fathkuri, S.H., M.H., Asisten Perdata dan TUN Rivo C. M. Madellu, S.H., M.H., Asisten Intelijen Stanley Yos Bukara, S.H., Asisten Tindak Pidana Umum Jeffry Paultje Maukar, S.H., M.H., Asisten Tindak Pidana Khusus Eko Prayitno, S.H., M.H., Kabag TU Reinhard Tololiu, S.H., M.H., dan para Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara. Kegiatan ini berlangsung dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.(***/YUD)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar