Asus
KPU Minut Kencangkan Hajatan Pilkada, Gelar Rakor Pembentukan Pantarlih

Klik sulut–Pemilihan kepala daerah (Pilkada) semakin di depan mata. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) kian mengencangkan seluruh tahapan.

Salah satunya dengan menggelar rapat koordinasi (Rakor) pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pilkada 2024 bersama PPK dan PPS di Hotel The Sentra, Sabtu (15/6).

Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Minut Risky Pogaga menyampaikan bahwa rakor ini sangatlah penting untuk menyamakan persepsi terkait pembentukan Pantarlih.

“Pemahaman yang sama tentang tata cara seleksi dan kriteria Pantarlih sangatlah penting bagi PPK dan PPS tingkat Desa/Kelurahan sebelum melakukan rekrutmen,”ujar Komisioner berlatar belakang jurnalis itu.

Ia menekankan, bahwa PPS harus memastikan Pantarlih yang diterima memenuhi syarat sesuai kebutuhan, dengan mengutamakan mereka yang memiliki pengetahuan lapangan yang baik untuk memudahkan pemutakhiran data pemilih.

“Hal ini perlu diperhatikan sejak dini untuk meminimalisir potensi kerawanan yang akan terjadi, sebab data pemilih harus dipastikan akurat,” ucapnya.

Lanjut Pogaga, Pantarlih yang terpilih nantinya akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) terlebih dahulu sebelum melaksanakan pencocokan dan pemutakhiran data pemilih dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

“Petugas Pantarlih nantinya akan ditempatkan sesuai kebutuhan dimasing-masing tempat pemungutan suara (TPS),” Pungkasnya.

Diketahui Rakor pembentukan Pantarlih bersama PPK dan PPS juga dibekali materi yang disampaikan DR. Victory Rotty, serta unsur Pemerintah yang disampaikan Assisten 1 Pemkab Minut Umbase Mayuntu yang turut dihadiri Ketua KPU Minut Hendra Lumanauw bersama Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Ibnu M Dalli dan Divisi Perencanan Data dan Informasi Irene Bunung serta Sekretariat KPU Minut.(fjr)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar