Asus
Halua Kenari (Manado)

KLIKSULUT - Jika Anda berkunjung ke Menado, maka Anda akan sering melihat Halua Kenari. Seperti namanya, Halua Kenari merujuk pada cemilan yang terbuat dari bahan utama kacang kenari. Kacang Kenari ini akan dibungkus dengan gula merah yang telah dihancurkan, kemudian dilapisi di dalam kacang. Halua Kenari sangat cocok untuk menjadi camilan di waktu luang anda, ditemani dengan kopi maupun teh.

Bahan untuk membuat Halua kenari (Oleh-Oleh Khas Manado)

  1. kamu membutuhkan 500 gr of kacang kenari.
  2. siapkan 225 gr of gula merah.
  3. siapkan 1 sdm of gula pasir.
  4. siapkan 100 ml of air.
  5. kamu membutuhkan 1 sdt of garam (opsional, sesuai selera).

Halua Kenari adalah kue khas Manado yang dibuat dengan bahan utama kacang kenari. Kacang kanari adalah tumbuhan yang tumbuh subur di Sulawesi Utara. Kacang kenari ini dilapisi oleh gula merah yang telah dilebur. Tidak sulit bagi Anda untuk menemukan camilan favorit masyarakat Manado ini, karena banyak sekali dijual di toko oleh.

Halua kenari (Oleh-Oleh Khas Manado) Cara membuat

  1. Siapkan bahan2. Panggang kacang kenari sampai berwarna kuning kecoklatan. Sisir gula merah..
  2. Campurkan air, gula merah yg sudah di sisir, gula pasir. Masak dengan api kecil hingga sedikit mengental dan berambut.matikan api..
  3. Masukan kenari panggang, aduk cepat. Masukan garam, aduk rata. (Kalau di resep asli gapakai garam ya, ini aku tambah garam soalnya biar ada asin2 gurihnya ehehe).
  4. Tunggu hingga hangat, bentuk bulat di kepal2 dg tangan agar padat dan saling melekat. Lakukan hingga adonan habis dan biarkan dingin. (Tangannya pake plastik ya saat mengepal2) 😉.
  5. Setelah dingin, bungkus dengan kertas minyak. Simpan di tempat kedap udara. Sajikan sebagai teman ngeteh atau ngopi, selamat mencoba 😉.

Berita Terkait

TInggalkan Komentar