Asus
Kinerja Camat Bakal Dievaluasi

Foto: Tahlis Gallang

 

KLIKSULUT, BOLMONG – Hingga memasuki pertengah bulan Desember 2019 atau penghujung akhir tahun 2019, realisasi capaian Pajak Bumi Bangunan (PBB) di 15 Kecamatan se Kabupaten Bolaang Mongondow masih menunjukan presentasi yang kurang mengembirakan. Dari 15 Kecamatan hanya 1 yang mampu memenuhi target PBB, yaitu Kecamatan Dumoga Tengah. Sementara untuk 14 Kecamatan yang lain masih berada di bawah presentasi 90 persen.

Menurut Kepala BKD, Rio Lombone, melalui Kepala Bidang, Penagihan dan Keberatan, Hari Damopolii, presentasi yang ada saat ini adalah hasil rekapitulasi per 5 Desember “Mudah mudahan sampai saat ini sudah bertambah. Karena hasil yang ada ini rekapitulasi 5 Desember,” kata Harri.

Terpisah Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang menegaskan akan melakukan evaluasi terhadap kinerja Camat sebagai pimpinan di wilayah. “Pasti ada. Kita akan evaluasi lagi kinerja Camat. Apalagi bandingan capaian PBB Tahun sebelumnya dengan Tahun ini jelas sekali dan tidak ada perubahan Penetapan NJOP,” tegas Tahlis.

Sementara, Camat Bolaang, Aswanto Gobel yang capaian PBBnya terendah dengan presentasi hanya 22,93 persen, mengaku terdapat kesalahan dalam penetapan nilai pajak di wilayahnya. “Jumlahnya tidak seperti itu. Harusnya total nilai pajak di wilayah saya hanya Rp 317 juta, dan itu sudah di koreksi.

Sehingga saya yakin presentasi capaian PBB kami sudah di atas 70 an persen, karena tinggal dua Desa yang belum menyetorkan. Memang masih ada nilai Rp 100 juta lebih setoran PBB yang masih membutuhkan cross cek, itu PBBnya PT Conch. Menurut mereka sudah dibayarkan langsung ke KPP Pratama Kotamobagu,” jelas Aswanto Gobel.*)

 

Berita Terkait

TInggalkan Komentar