Asus
Sulut Harus Bebas Sampah

Foto: Edwin Silangen

 

KLIKSULUT, MANADO - Sulut ini harus bebas sampah sehingga kita yang tinggal di sulut ini merasa nyaman dan sehat, Kita punya tanggung jawab bersama untuk mewujudkan agar Sulawesi Utara ini bebas dari sampah.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE yang diwakili Sekertaris Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen pada Seminar Kajian Lingkungan Hidup (KLH) Timbunan Sampah Kota Manado Dan Daerah sekitarnya, Serta Potensi Daya Tampung TPA Regional Ilo-ilo Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara di Hotel Ibis Manado, Rabu (26/11).

“Karena sampah musuh kita bersama yang harus dilawan, dengan saling bergandengan tangan,” kata Silangen.

Kata dia, pengelolaan sampah dengan baik tentu menghasilkan energy bagi kehidupan kita, dan Sulut yang merupakan salah Satu super destinasi Pariwisata yang telah dicanangkan Pemerintah Pusat dapat hidup sehat dan nyaman.

“Kita bekerja bersama, pemerintah perguruan tinggi dan masyarakat melalui Balitbangda Sulut untuk melakukan Seminar. Kenapa disebut Regional karena dalam pengelolaanya melibatkan lebih Dari situ Kabupaten, dan Pengelolaan Sampah Regional ini sudah menjadi kebijakan Pemerintah secara Nasional yang menjadi percontohan Pengelolaan pembangkit listrik tanaga sampah,” urai Silangen.

Sebelumnya, Kepala Bapelitbangda Provinsi Sulawesi Utara Jemmy Lampus menyampaikan Bahwa maksud pelaksanaan Pengkajian seminar ini untuk menganalisis Timbunan sampah yang dihasilkan Di Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara dan Minahasa.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini Adalah menyediakan informasi jumlah timbunan sampah yang dihasilkan Kota Manado dan sekitarnya, sehingga bisa mendapatkan analisis daya tampung lingkungan di regional ini dengan sararan pengkajian diperolehnya data timbunan sampah untuk pemperoleh informasi daya tampung lingkungan di daerah ini,” tutur Lampus. (*)

 

Berita Terkait

TInggalkan Komentar