Asus
Pelayanan dan Pengembangan 6 Puskesmas Perlu Ditingkatkan

                                                                                                  foto Budi Setiawan Kohongia

 

KLIKULUT, BOLMUT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) mengingatkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmut agar kiranya memperhatikan Puskesmas yang ada di enam kecamatan. Pasalnya, Puskesmas yang tersebar di enam kecamatan Kabupaten Bolmut dinilai jauh dari harapan, selain fasilitas yang kurang memadai yang disiapkan oleh Puskesmas, pelayanan kepada pasien juga kurang memuaskan dikarenakan fasilitas yang terbatas.

Menurut Budi Setiawan Kohongia yang juga Komisi I DPRD, saat ini Puskesmas yang ada dienam kecamatan menjadi perharian DPRD, selain fasilitas yang disiapkan pihak puskesmas yang kurang memadai yang mengakibatkan melemahkan pelayanan. Misalnya saat ini beberapa puskesmas minim obat-obat yang disiapkan, selain itu ambulance yang disiapkan puskesmas masih terbatas untuk kebutuhan pasien yang akan dirujuk keluar daerah jika emergensi.

Sehingganya dirinya menyampaikan kepada pihak Dinkes Bolmut agara memperhatikan kebutuhan Puskesmas yang ada dienam kecamatan. Tahun 2020 diharapkan kebutuhan Puskesmas menjadi skala prioritas dengan tujuan untuk memaksimalkan pelayanan yang ada didesa-desa,”Jelasnya.

“Puskesmas menjadi skala prioritas yang wajib dilakukan pengembangan baik fasilitas maupun pelayanan, karena Puskesmas menjadi garda terdepan dalam hal peleyanan langsung kepada masyarakat,”tandas mantan aktivis PMII itu.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar