Asus
Satu Hari, Empat Titik Lahan Gambut di Minahasa Terbakar

KLIKSULUT, MINAHASA - Sekira satu hektar lahan gambit di samping Benteng Moraya Tondano dilalap si jago merah, Rabu (28/8). Informasi yang diperoleh, kejadian terjadi sekira pukul 13.00.

Atas informasi tersebut, Camat Tondano Barat Robert Ratulangi langsung melapor ke Dinas Pemadam Kebakaran Minahasa. "Petugas pemadam kebakaran menurunkan 1 unit kendaraan pemadam dan 11 personel, langsung turun ke lokasi kejadian. Mereka berupaya melakukan pemadaman api yang mulai menjalar ke salah satu rumah warga yang dekat dengan lokasi," kata Ratulangi.

Diperkirakan hampir dua jam petugas dibantu masyarakat memadamkan api. Dalam kejadian ini tak ada korban jiwa. "Kami pemerintah mengimbau warga agar waspada akan ancaman kebakaran lahan. Apa lagi di musim panas ini. Jangan sembarang buang puntung rokok," imbaunya.

Diketahui, selain di dekat Benteng Moraya, 3 titik kebaran terjadi di desa Sawangan, kecamatan Tombulu tepatnya di jalan raya Tombulu - Tikela, sekitar pukul 09.00 Wita. Akibat kebakaran tersebut sekitar setengah lahan ludes terbakar. Dan diperkirakan penyebab kebakaran karena puntung rokok. Warga setempat bersama Damkar Provinsi Sulut dan Minahasa berhasil memadamkan apinya.

Kemudian sekitar pukul 12.00 Wita, kebakaran lahan terjadi  lagi didua titik di desa Sawangan. Dan diperkirakan hampir 5 hektar lahan terbakar. (*)

 

Berita Terkait

TInggalkan Komentar