Asus
Tahun Ini PLTU Binjeita Dibangun

FOTO: AGENDA Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena Saat Bertemu Dengan Pihak PLN Sulutenggo, Selasa kemarin.

BOLMUT—Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena melakukan kordinasi dengan pihak PLN Suluttenggo terkait rencana pembangunan PLTU di Binjeita, Kecamatan Bolangitang Timur. Wabup mengatakan dirinya mengecek progres rencana pembangunan PLTU Binjeita. "Saya barusan ketemu manager perencanaan PLN Sulutenggo, menurut beliau PLTU Binjeita tinggal menunggu pemenang tender,"ungkapnya kemarin. "Yang pasti tahun 2019 ini suda mulai di bangun, direncanakan 2021 mulai beroperasi,"ujar Amin Lasena.

Sebelumnya, menurut Asripan belum lama ini. “Kami Pemda sendiri sudah sangat terbuka dengan adanya investasi ini. dan itu dianggap sangat baik demi kemajuan daerah dan demi kebutuhan pasokan listrik masyarakat,"ungkapnya. Dikatakannya, terkait kesiapan untuk pembangunannya itu tergantung pihak PLN. "Yang karena programnya dari mereka,”tambah Sekda. Lanjut Asripan, pemda sendiri hanya sebatas memfasilitasi terkait dengan pembebasan lahan Hak Guna Usaha (HGU). "Yang dalam penempatan PLTU itu ternyata masih dikuasai oleh perusahaan. Namun lewat proses mediasi yang dilakukan, akhirnya pihak PLN dan Perusahaan HGU telah bersepakat terkait dengan ganti rugi atas tanaman yang ada dilahan tersebut," ungkapnya.

“Jadi pemda disini kapasitasnya hanya menjadi perantara atas pembebasan lahan yang akan dibangun PLTU. Dan hal itu sudah dilakukan, terkait kelanjutannya itu sudah jadi keweangan pihak PLN,” jelasnya Nani. Saat ini pihaknya berharap, program pembangunan PLTU di Kabupaten Bolmut dapat segerah dilaksanakan, sehingga harapan dari masyarakat adanya investasi ini pun dapat segerah dirasahkan. “Pastinya jika PLTU ini mulai dibangun dan pada nantinya beroperasi, pasti akan banyak memberi dampak positif bagi daerah bukan hanya pada sisi PAD, namun dari segi terbukanya lapangan pekerjaan pasti akan ada, dan ini menjadi kesempatan bagi putra-putri daerah memanfaatkan peluang kesempatan kerja yang dibuka,"tuturnya.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar