Asus
Gerakan #masadepan Peduli Banjir dan Tanah Longsor

foto: Franko Wangko saat bersama warga usai membersihkan genangan air akibat banyak sampah di selokan.

 

MANADO—Bencana banjir dan tanah longsor di Kota Manado Jumat (1/2) kemarin, membuat Inisiator Gerakan #masadepan, Franko Wangko langsung bergerak cepat meninjau beberapa titik yang tertimpa bencana.

Calon Anggota Legislatif dari daerah pemilihan Sario-Malalayang ini pun menemui langsung para warga yang menjadi korban banjir. “Tidak hanya sekedar mengunjungi korban bencana, Franko dan relawan memberikan bantuan tanggap darurat, agar masyarakat bisa langsung mendapatkan pertolongan. “Warga dalam musim penghujan ini untuk tetap waspada. Dalam musibah banjir kita juga melihat tumpukan sampah-sampah di lingkungan pemukiman diangkat, kemudian lumpur-lumpur pun dibersihkan-termasuk lumpur yang mulai mongering. Yang terpenting adalah dikarbolisasi, jadi kawasan itu harus diberi disinfektan, jangan sampai menimbulkan penyakit," kata Franko.

Ditambahkannya, beberapa tempat sampah juga selain membuat Manado menjadi tiga terkotor di Indonesia juga menjadi penyebab banjir. “Jadi, ketika sampah menumpuk, kemudian hujan terus-menerus sehingga air kali itu tidak semua dapat ditampung dan ini yang kemudian membuat air kali ini meluap dan banjir. Ditambah lokasi titik banjir yang berada di cekungan,” ujar Franko Wangko.

Lanjutnya, banjir tidak bisa dianggap sebagai musibah tahunan dengan skala penanganan jangka pendek, tapi harus dilakukan langkah komprehensif skenario preventif sehingga harapannya ketika musim penghujan datang, dapat diminimalisir daerah yang terkena dampak banjir.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar