Asus
Jadi Warga Kehormatan Bolmong Raya, Hadi Pandunata Dianugerahkan Tongganut In Ta Motompira

KLIK SULUT - Aliansi Masyarakat Adat Bolaang Mongondow Raya belum lama ini melakukan ritual adat di ballroom Sutan Raja Hotel Kotamobagu menganugerahkan gelar kehormatan adat kepada Hadi Pandunata sebagai “Tongganut In Ta Motompira” yang artinya “seorang yang menjadi inspirasi dalam mengajak melakukan kebaikan” dan Bersama Keluarga diangkat sebagai Warga Kehormatan Bolaang Mongondow Raya.

Dalam penganugerahan ini, Hadi Pandunata didampingi Istri tercinta Patricia dan Anak Sulung Victor Pandunata yang dihadiri Bupati Bolaang Mongondow Limi Mokodompit bersama para Sangadi/Lurah Bolmong Raya, Tokoh-Tokoh Adat se Bolmong Raya, Civitas akademi Institut Agama Islam Kotamobagu.


Dalam sambutan penganugerahan itu, Ketua Aliansi Masyarakat Adat Bolaang Mongondow Raya (AMABOM) Drs. H.Zainul Armyn Lantong menjelaskan bagaimana proses pemberian gelar kepada Hadi Pandunata sebagai “Tongganut In Ta Motompira” sekaligus bersama Keluarga menjadi “warga kehormatan Bolaang Mongondow Raya” yang diawali dengan adanya usulan dalam pertemuan tokoh-tokoh adat se Bolaang Mongondow Raya.


Hal ini untuk mempertimbangkan layak tidaknya Pak Hadi menerima gelar kehormatan ini. Dan setelah dilakukan Kajian yang matang termasuk meneliti rekam jejak maka dibahas dalam Rapat Dewan Adat yang akhirnya sepakat secara bulat bahwa Hadi Pandunata layak menerima gelar Tongganut In Ta Motompira.


"Jadi prosesnya telah melalui kajian mendalam yang memakan waktu yang cukup Panjang," urai Lantong, Minggu (31/7).


Kendatipun Hadi Pandunata tidak memiliki darah keturunan Bolaang Mongondow tapi kebaikan hati beliau yang sungguh-sungguh ingin membangun Bolaang Mongondow khususnya melalui dunia Pendidikan telah dibuktikannya,

antara lain ketika Institut Agama Islam Kotamobagu dapat memiliki  konektivitas dengan salah satu perguruan tinggi bertaraf internasional yaitu “President University” yang terletak di Bekasi bahkan telah dilakukan Memorandum of Undarstanding (MoU).


Dimana putra-putri terbaik yang sedang kuliah di IAIK diberikan kesempatan secara gratis kuliah di President University.


Menurut Rektor Institut Agama Islam Kotamobagu (IAIK) Dr. Muliadi Mokodompit, SE,M.Si pemberian gelar ini sudah tepat.


"Saya atas nama Civitas Akademika IAIK menyampaikan selamat kepada Pak Hadi dan berharap moment ini menjadi titik awal untuk lebih hebat lagi menjadi panutan berbuat kebaikan  bagi banyak orang, serta berterima kasih karena telah mengijinkan Pdt. Mody Donny Sumolang,STh dan Ir.Hasurungan Nainggolan untuk mengabdikan diri sebai dosen Luar Biasa di Institut Agama Islam Kotamobagu," ujarnya.


Dalam acara penganugerahan ini, Hadi Pandunata didaulat untuk memberi Kuliah Umum dengan tema “Ekonomi Makro dan Enterpreunership dalam meningkatan ekonomi Masyarakat Bolaang Mongondow Raya” .


Kendatipun Kuliah Umum praktis hanya 30 menit tapi telah memukau audience dan membuka wawasan khususnya mahasiswa IAIK untuk memiliki jiwa enterpreunership.


Bupati Bolmong Limi Mokodompit dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Bapak Hadi Pandunata Bersama Keluarga atas penganugerahan ini dengan harapan setelah menjadi warga kehormatan Bolaang Mongondow Raya dan berhak atas panggilan baru sebagai Papa Victor dan Istri dipanggil Mama Victor.


"Akan lebih bersemangat mengabdikan diri bagi kemajuan Bolaang Mongondow Raya baik didunia Pendidikan, pertambangan, Industri Pariwisata, industry pertanian , industry perkebunan dan industri peternakan," harap Bupati. (don)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar