Asus
Kliksulut -- Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar Lomba Boltim Innovative Government (BIG) Award Tahun 2021. Lomba tersebut diikuti perangkat daerah di lingkungan Pemkab Boltim serta kelompok masyarakat dan perorangan.
Kasubid Penelitian dan Pengkajian Bappelitbangda, Darman Matara, mengatakan peserta yang mendaftar terdiri dari perangkat daerah, kelompok masyarakat maupun perorangan. 
"Setelah tahapan pendaftaran ini dilanjutkan dengan presentasi oleh masing-masing peserta lomba. Pengumuman sekaligus penyerahan hadiah kepada pemenang lomba rencananya pada tanggal 17 Agustus," kata Darman. 
Ia menjelaskan, BIG Award 2021 dilaksanakan untuk mendapatkan pemahaman tentang ruang lingkup inovasi pemerintahan daerah dalam bentuk inovasi tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan publik, dan inovasi daerah lainnya sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.
Kegiatan itu juga untuk mendorong perangkat daerah lebih mengedepankan aspek pemanfaatan ilmu pengetahuan teknologi dan informasi (IPTEKIN), serta inovasi sebagai faktor pembentuk daya saing. Pada konsep yang lebih luas, kelitbangan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap proses Inovasi yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Daerah atau meningkatkan pengawasan dan peran serta masyarakat dalam setiap perumusan kebijakan dan program yang diterapkan pemerintah daerah, sehingga dapat diterima (accepted) masyarakat, tepat (appropriated) dan berkelanjutan (sustainable). 
"Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah
mengukur tingkat inovasi daerah, memacu dan memotivasi perangkat daerah untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas sesuai dengan bentuk inovasi, mendorong arah penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pembangunan daerah sesuai dengan kebijakan pembangunan daerah 
yang selaras dengan penerapan good governance," jelasnya.
"Meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap proses inovasi yang sedang dilakukan oleh pemerintah daerah, meningkatkan pengawasan dan peran serta masyarakat dalam setiap perumusan kebijakan dan program yang diterapkan pemerintah daerah, memberikan penghargaan kepada perangkat daerah dan stakeholders pembangunan yang melakukan inovasi dan kreativitas dalam upaya meningkatkan pelayanan publik, meningkatkan pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan daya saing daerah," sambungnya. (*)
 


Berita Terkait

TInggalkan Komentar