Asus
Kemenag Evaluasi Kinerja Kepala Madrasah

KLIKSULUT, BOLMONG- Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) tengah melakukan penilaian kinerja terhadap kepala madrasah di seluruh wilayah Bolmong.
"Saat ini kami juga sedang melakukan penilaian kinerja dari semua kepala-kepala madrasah, yang kami utamakan itu kepala madrasah negeri," ujar Kepala Kemenag Bolmong Drs H Muhtar Bonde, Senin (08/03).
Bonde menjelaskan, penilaian tersebut yang sudah 4 tahun masa kerja menjabat sebagai kepala madrasah, dilakukan ujian penilaian kepala madrasah, jika nilai ujiannya mencapai angka 91 ke atas, maka secara otomatis masa jabatannya bisa diperpanjang 1 periode atau selama 4 tahun.
"Sementara yang nilainya 90 ke bawah, maka akan kami lakukan open bidding," ujarnya.
Muhtar mengaku, untuk kepala madrasah negeri, saat ini prosesnya sudah 80 persen proses penilaian.
"Jadi setelah penilaian kepala madrasah negeri tunta, setelah ini kami akan melakukan penilaian kepada kepala madrasah swasta."
"Untuk kepala madrasah swasta, kemarin kami matangkan, mengingat kepala madrasah swasta diangkat oleh yayasan, bukan kementerian agama," ucapnya.
Ia menjelaskan, adapun alasan pihaknya juga melakukan penilaian kepada kepala madrasah swasta adalah untuk meningkatkan gridnya.
"Ya katakanlah bisa mengejar negeri, kami menjaga jangan sampai grafik pelayanan pendidikan itu turun."
"Maka dari itu kami melakukan ujian penilaian kepada madrasah untuk mengetahui apabila grafiknya turun atau stuck, kami dapat mengetahui dan menemukan persoalannya," ucapnya.
Menurutnya, apabila angka grafiknya dan hasil penilaiannya baik, pihaknya dapat merekomendasikan dan mengusulkan pada pihak yayasan untuk mempertahakan kepala madrasah tersebut.
"Sebaliknya apabila setelah melalui ujian dan bobot nilainya tidak sampai 90, maka kami serahkan kepada pihak yayasan untuk meninjau dan melakukan penggantian," tandasnya.(Vik)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar