Asus

Desa Tewasen Dipersiapkan Jadi Salah Satu Desa Luak

Posted by Klik Sulut 01Minsel289

Desa Tewasen Dipersiapkan Jadi Salah Satu Desa Luak
Foto : Penyuluhan persiapan desa Luak
 
 
KlikSulut, MINSEL - Para petani dan peternak yang berada di lokasi perkebunan Luak atau perkebunan warga yang menjadi salah satu desa persiapan reforma agraria terlebih khusus Desa Tewasen, Kecamatan Amurang Barat, mendapatkan bimbingan dari  Badan Pertanahan Nasional (BPN).
 
Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Fasilitasi dan kerja sama akses reforma BPN Pusat Edy Mutawar mengungkapkan, kapasitas BPN adalah memfasilitasi para petani dan paternak dalam giat pertanian dan pertenakan agar lebih unggul.
 
"Ini adalah kegiatan pembinaan kepada masyarakat dalam persiapan desa luak. Dalam kegiatan ini kita lakukan pendataan aset dan pendataan akses," ungkapnya.
 
Lanjutnya lagi, nantinya lokasi di daerah tersebut akan di disertifikatkan dan pendataan akses atau pemberdayaan kepada masyarakat dalam bidang pertanian dan pertenakan oleh BPN Minsel.
 
"Peran kami adalah memfasilitasi masyarakat dengan Instansi terkait," timpalnya.
 
Tak hanya itu, petani dan pertenak dilokasi tersebut merupakan wilayah pembinaan dan pemberdayaan dari BPN Minsel yang menurutnya bertepatan dengan tugas dari kepala BPN Minsel sendiri yang meruoakan ketua kelompok konsep pemberdayaan yang bertugas memfasilitasi antara pemerintah, lembaga non pemerintah dan masyarakat.
 
"Kedepan semoga pemberdayaan lebih maksimal lagi," tutupnya. (erg)
 
 


A- A A+