Asus
PLN UIW Suluttenggo Minimalisir Terhentinya Pasokan Listrik

POSKOMANADO.ID - PLN Unit  Induk Wilayah Suluttenggo pada pukul 11:28 WITA Selasa, 04 Agustus 2020 sempat terhenti pasokan listrik di Sebagian Wilayah Manado, Bitung, Kotamobagu dan Gorontalo.
Hal ini terjadi karena disebabkan adanya gangguan pada SUTT 150 kV GI Amurang - GI Lopana Line 1 Trip, LMVPP (34 MW), PLTU Amurang Unit 1 (16 MW), PLTU Amurang Unit 2 (17 MW), dengan total 67 MW.

Gardu Induk  yang Terdampak sebanyak 12 Gardu Induk dari Total 23 Gardu Induk dan Jumlah Penyulang Padam (jaringan yang menghantarkan Pasokan Listrik ) sebanyak Penyulang 27 penyulang dari total 118 penyulang.

Leo Basuki, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo mengatakan bahwa dalam menanggulangi gangguan tersebut langsung melakukan Pelepasan Beban pada Skema Pertahanan (Defence Scheme) Jaringan Sistem SulutGo yakni Berjalannya Proses Otomatisasi Pemerataan Beban atau dikenal bahasa teknisnya adalah Auto load Shedding (UFR) OLS (Over load Sheeding).

Sehingga tidak berdampak terjadinya Padam Meluas atau Dikenal Black Out, dan melalui system proteksi tersebut  berhasil mengendalikan gangguan transmisi dan pembangkit.  Petugas PLN dengan cepat dan siaga langsung melakukan pemulihan secara bertahap dan mulai berhasil masuk aliran listrik ke pelanggan pada pukul 11:51 WIta sampai dengan 12:20 WIta semua system kembali normal.

Jika tidak melakukan Defence Scheme Jaringan Sistem akan berdampak blackout sekitar 3 jam. Upaya ini adalah bagian dalam proses agar apabila terjadi penghentian pasokan listrik pelanggan mampu cepat merasakan pemulihan.

Oleh karena itu, PLN terus melakukan upaya pencegahan diluar kendali seperti  cuaca ekstrim yang terjadi akhir -akhir ini. Petugas PLN terus berupaya keras untuk segera menormalkan pasokan listrik jika terjadi gangguan yang berdampak terhentinya pasokan listrik ke pelanggan.

Sekali lagi, kami sampaikan permohonan maaf untuk ketidaknyamanan pelanggan, kami akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

Pelanggan juga dapat menghubungi Contact Center PLN 123 dalam keadaan darurat. Contact Center PLN 123 dapat diakses melalui telepon di (0431) 123, melalui Facebook di PLN 123, melalui Twitter di @pln_123, melalui email di pln123@pln.co.id, atau melalui aplikasi one-stop service, PLN Mobile, yang dapat diunduh di Google Playstore untuk Android atau App Store untuk iOS demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar