Asus
SIMAN dan BIMTEK Diikuti Humas Perwakilan Daerah Wilayah Timur Indonesia
Dirjen Informasi Publik dan Komunikasi Kemkominfo RI Prof DR Widodo Muktiyo
 
 
KLIKSULUT, Manado - Humas aparatur negara dari 10 provinsi di Sulawesi, Maluku dan Papua itu mengikuti Rakor Siman (Sinergi Media Sosial Aparatur Negara) dan Bimtek yang dipusatkan di Hotel Aryaduta Manado, Jumat (28/02/2020).
 
Dirjen Informasi Publik dan Komunikasi Kemkominfo RI Prof DR Widodo Muktiyo, kepada awak media mengatakan, humas berperan vital di era digital saat ini.
 
Adapun kegiatan ini dilatarbelakangi, Tim Sinergi Media Sosial Aparatur Negara (SIMAN) dibentuk karena adanya program, kinerja dan prostasi Pemerintah yang harus disosialisasikan dengan masif, terutama di media sosial. 
 
Permasalahan lain yang melatarbelakangi terbentuknya Tim SIMAN karena adanya respon negatif aleh kelompok "haters", serta maraknya penyebaran berita hoax di masyarakat.
 
Tantangan yang harus dihadapi oleh Tim SIMAN saat ini yaitu harus mampu
mengkomunikasikan dan menterjemahkan program, kinerja dan prestasi Pemerintah dalam bahasa komunikasi kekinian yang mudah dimengerti dan popular. 
 
Selain itu keberadaan Tim SIMAN diharapkan mampu menangkal isu negatif terkait Kementerian dan Lembaga, dan kemudian dilanjutkan dengan tindakan menyebarluaskan ke publik agar pemberitahuan positif lebih dominan. 
 
Saat ini, media sosial sudah meniadi salah-satu penentu sumber informasi publik, dan pembentuk opini masyarakat.
 
Berlandaskan pada PM No. 6 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja
Kementerian Komunikasi dan Informatika pasal 498 butir (d), peningkatan kegiatan pelayanan informasi dan kehumasan pemerintah ini dapat dilakukan melalui peningkatan kapasitas SDM pengelola media sebagai agen informasi pemerintah.
 
Dengan demikian diharapkan pengelola media mampu memberikan literasi digital kepada masyarakat dengan mendiseminasikan konten-konten mencerahkan, mencerdaskan, dan memberdayakan masyarakat sekaligus terjalin sinergitas antaraTim SIMAN dengan pengelola media di daerah.
 
Bimbingan teknis ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik melalui media digital dan media cetak di tengah beredarnya informasi-informasi hoax dan hatespeech sehinggadiseminasi informasi dan kebijakan publik dicapai secara optimal untuk mewujudkan masyarakat informasi Indonesia.
 
Dengan adanya Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis ini, para pengelola
media diharapkan memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam mengolah data dan informasi yang disajikan dalam bentuk berita dengan gaya jurnalistik online dan media sosial.
 
Informasi dalam bentuk berita tersebut tidak hanya disajikan yang penting sajamelainkan juga memiliki unsur menarik dan memancing rasa ingin tahu masyarakat dalam bentuk infografis.
 
Kemudian, para pengelola memiliki kemampuan menganalisaberita yang beredar di dunia maya dan mampu menangkis informasi yang tidak benardengan cara yang kreatif melalui media yang dimilikinya.
 
Menghadirkan nara sumber, 
 
Bappak Fariza Y Irawady, sebagai Wakil Ketua Tim SIMAN, Bapak Moh Ridwan, Direktur PSIK BKN, Bapak Rus Nurhadi Sutedjo Deputi 7 Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur, Kementerian Kordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Bapak Widodo Muktiyo, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik,Bapak Selamatta Sembiring, sebagai anggota Pembinaan ASN Daerah, dan Bapak Noudhy Valdryno, Manajer Facebook Indonesia.(dhy)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar