Asus
Pemkab Bolmong Bersiap Gelar Musrenbang Desa dan Kecamatan
Foto : Rapat persiapan pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk tingkat Desa dan Kecamatan tahun 2020
 
KLIKSULUT, BOLMONG—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar rapat persiapan pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk tingkat Desa dan Kecamatan tahun 2020.
Musrenbang Desa dan kecamatan bertujuan untuk menyusun Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021.
 
rapat yang digelar di Kantor Bappeda Bolmong itu dihadiri para Camat, kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kecamatan dan Kasubag program pelaporan dan keuangan serta fasilitator kecamatan se kabupaten Bolmong.
 
Kepala Bappeda Bolmong, Yarlis Awaludin Hatam saat membuka rapat berharap pemerintah kecamatan untuk dapat membentuk panitia Musrenbang Desa/kelurahan dan kecamatan. “Itu untuk menunjang penyusunan kegiatan pembangunan desa/kelurahan tahun 2020 yang menjadi wewenang dari desa/kelurahan itu sendiri,” kata Yarlis.
 
Menurutnya hasil musrenbang akan menjadi bahan penyusunan rencana kerja (renja) perangkat daerah, dengan mengacu pada Renstra perangkat Daerah.
Yarlis menjelaskan, Musrenbang desa hingga kecamatan merupakan sarana untuk melibatkan masyarakat dalam perencanaan pembangunan di daerah. 
 
Setiap proses penyusunan dokumen rencana pembangunan memerlukan sinkronisasi, integrasi dan koordinasi antar tingkat pemerintahan, antar waktu, antar sumber dana dan antar wilayah serta harus melibatkan partisipasi seluruh pemangku kepentingan. 
 
“Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar,” tandasnya.(*)
 

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar