Asus
Sulut Jadi Incaran Destinasi Wisata Turis Asal China, Ini Alasannya
Foto : Taman Laut Bunaken Salah-satu Favorit DestinasibTuris Asal China (Istimewa).
 
KLIKSULUT, MANADO - Menjadi pertanyaan banyak kalangan, 
Apa sih yang  turis China suka di Sulawesi Utara? Diketahui sekitar 90 Persen turis yang datang ke Sulawesi Utara berasal dari negara China. 
 
Hal ini dibahas dalam  kegiatan ’Sosialisasi Promosi Pariwisata pada Media Nasional’ yang diadakan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemprov Sulut di Tomohon, Kamis (28/11/2019) lalu.
 
Membahas salah satu isu, yakni turis China yang menjadi turis terbanyak datang ke Sulawesi Utara.
 
"Turis asal China adalah pasar nomor satu kita. Mereka datang ke Sulawesi Utara karena ingin liburan ke pantai," terang Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara Daniel Mewengkang.
 
Dimana Bunaken menjadi destinasi favorit turis China. Mereka datang untuk bermain di pesisir pantai. Yang mana menurut Danie, tidak banyak tempat seindah Bunaken di China.
 
"Ditambah lagi sudah ada 7 penerbangan langsung dari China ke Manado, Sulawesi Utara," terangnya.
 
Bagaimana tipikal liburan turis China di Sulawesi Utara?
 
"Mereka kebanyakan datang bersama keluarga, kalau yang honeymoon masih sedikit. Waktu-waktu ramainya turis China di sini dari Februari sampai November," jawabnya.
 
Apa kegiatan favorit turis China di Sulawesi Utara?
 
"Mereka sebagian besar suka snorkeling, kalau yang diving masih sedikit. Untuk turis yang diving, itu dari Eropa seperti Inggris dan Jerman," papar Daniel.
 
Kini, pemerintah sedang mengembangkan Likupang di Sulawesi Utara sebagai Destinasi Super Prioritas. Artinya, fasilitas penunjang pariwisata di kawasan Likupang seperti jalan tol dari Manado ke sana sampai pembangunan hotel sedang dilakukan.
 
"Likupang nantinya jadi trigger atau juga sebagai destinasi andalan di Sulawesi Utara selain Bunaken. Sulawesi Utara ini punya banyak sekali destinasi dan lengkap, dari bawah laut, danau, bukit, sampai gunung brapi ada," tutupnya.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar