Asus
Bolmong Peringkat Tiga Pengelolaan Dandes se Sulut

Foto A: Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow saat menerima penghargaan yang diserahkan langsung Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, kemarin.  


KLIKSULUT, BOLMONG—Kabupaten  Bolaang Mongondow (Bolmong) kembali menerima penghargaan dari Pemerintaah Provinsi Sulut. Kali ini, daerah yang dipimpin Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wabup Yanny Ronny Tuuk itu berhasil menduduki posisi ketiga pengelolaan Dana Desa (dandes) se Sulut Tahun 2019. Penghargaan diserahkan langsung Gubernur Sulut  Olly Dondokambey, Senin (25/11) kemarin.


Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (PMD) Bolmong Ahmad Yani Damopolii menuturkan, pengelolaan Dandes di Kabupaten Bolmong terus mengalami perbaikan. “Karena pengelolaan sudah sepenuhnya mengikuti Peraturan Bupati serta peraturan lainnya. Sehingga bisa meminimalisir kesalahan,” turut Ahmad Yani, kemarin.


Selain itu, dia menambahkan, mulai tahun ini tidak ada lagi Dandes yang mengendap di rekening daerah. “Semua anggaran Dandes langsung ditransfer ke rekening desa setelah di terima dari rekening pemerintah pusat. Memang dari rekening pemerintah pusat masih ke rekening daerah tapi langsung diteruskan ke rekening desa. Namun meski sudah berada di rekening desa anggaran itu tetap tidak sembarang digunakan. Untuk mencairkannya harus ada rekomendasi dari Instansi terkait,” terangnya.


Ia menargetkan untuk pengelolaan Dandes tahun depan akan lebih baik lagi. “Kita terus melakukan pembenahan, pendampingan dan pengawasan terhadap tahapan sampai dengan pertanggungjawaban anggaran Dana Desa. Mudah-mudah tahun depan Bolmong bisa naik peringkat,” pungkasnya.


Terpisah Kepala Inspektorat Daerah Bolmong Lexi Paputungan mengakui saat ini pengelolaan Dandes di 15 Kecamatan di Kabupaten Bolmong sudah mengalami perubahan. “Dari tahun ke tahun sudah baik. Terutama dari sisi pertanggungjawaban. Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih baik lagi,” tandas Leksi. (*)

 

Berita Terkait

TInggalkan Komentar