Asus
Warga Padati Dinas Dukcapil

 

KLIKSULUT, KOTAMOBAGU – Aktivitas pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), membludak dalam beberapa hari terakhir ini. Pantauan koran ini, warga berdesakkan untuk mendapatkan pelayanan legalisir dokumen kependudukan sebagai pelengkap syarat mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Iya, memang pelayanan meningkat dalam beberapa hari ini. Banyak yang datang melegalisir KTP, KK dan Akta Kelahiran. Mereka yang datang itu rata-rata adalah calon pelamar CPNS. Kemudian ada juga yang datang membetulkan identitas dalam KTP dan KK,” kata Kepala Dinas Dukcapil, Viriginia Olii.

Meski angka kunjungan ke Kantor Dinas Dukcapil membludak, namun ia mengakui hal itu masih bersifat wajar. Pihaknya juga kata dia belum menambah jam kerja untuk pelayanan.

“Pelayanan masih seperti biasa. Setiap hari kerja sampai jam empat sore. Tapi kalau sewaktu-waktu dibutuhkan, kita siap lembur dan membuka pelayanan di Hari Sabtu agar semua bisa terlayani,” ujarnya.

Disisi lain, ia mengimbau warga yang hendak mengurus dokumen kependudukan untuk melengkapi terlebih dahulu persyaratannya.

“Semua sesuai prosedur. Misalnya untuk pengurusan KK, maka harus ada pengantar dari kelurahan. Kalau dokumen lengkap, langsung kita proses. Kemudian untuk pengurusan dokumen ini gratis. Tidak ada biaya,” tambahnya. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar