Asus
Palandung Buka Rakor Verifikasi Kabupaten Sehat

foto: Wakil Bupati Drs John Palandung MSi saat menghadiri sekaligus membuka rapat koordinasi verifikasi Kabupaten Sehat.

 

SITARO-- Senin (8/4) kemarin bertempat di ruang rapat kantor bupati, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sitaro melalui Tim pembina kabupaten sehat melakukan rapat koordinasi terkait persiapan verifikasi kabupaten sehat sehat.

Rapat dibuka oleh Wakil Bupati Drs John Palandung MSi dan diikuti Forum Kabupaten Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan, dan seluruh stakeholder terkait. Dikatakan Palandung, Rapat Koordinasi (Rakor) dilaksanakan untuk menyiapkan dengan matang apa-apa yang harus dilakukan menghadapi verifikasi kabupaten sehat.

"Termasuk menentukan lokasi khusus dan penanggungjawabnya, saya juga berharap melalui rapat ini tercipta sinergitas yang baik antar stakeholder terkait untuk Kabupaten Sitaro Sehat," kata Palandung.

Lebih lanjut, Palandung menyebutkan ada tiga indikator yang harus dipenuhi untuk mempertahankan predikat Wistara.

"Indikator pokok yang meliputi pelayanan dasar yakni pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Indikator umum yakni yang tidak terkait pada rencana aksi/hal-hal teknis tapi pada kebijakan/regulasi dan koordinasi. Yang terakhir adalah indikator khusus yakni tatanan yang dipilih dan disepakati," ungkap Palandung.

Ditempat yang sama, Kadis Kesehatan Sitaro Dr Ria Papalapu mengaku tetap optimis dalam menghadapi verifikasi, sebab pada dasarnya verifikasi adalah bagian dari pembinaan.

"Tapi kita juga tidak boleh lengah dalam mempersiapkan segala sesuatunya, ada beberapa hal yang mesti dilakukan yakni penguatan kelembagaan dari kabupaten hingga desa, Forum Kabupaten Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan, Pokja Desa dan Keluharan, Lokus yang ada inovasi, nilainya harus melebihi nilai administrasi dan kelengkapan dokumentasi kegiatan," pungkas Papalapu. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar