Asus
DP3A Persiapkan Penyambutan Penilaian KLA

foto: Dinas P3A usai melakukan rapat persiapan penyambutan penilaian KLA.

 

MANADO— Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Manado terus mempersiapkan penyambutan penilaian Kota Layak Anak (KLA) tahun 2019.

Kepala DP3A, Esther Mamangkey SE MM mengatakan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan dan menargetkan tahun 2019 naik tingkat meraih penghargaan. “Kalau 2018 kita raih Kriteria Pratama, untuk tahun 2019 ini Manado harus naik tingkat yakni raih Kriteria Madya atau Kriteria Nindya,” terangnya.

Lanjut Esther, oleh karena itu butuh kerjasama semua pihak, khususnya lintas perangat daerah. “Status KLA diberikan, apabila Kota/Kabupaten atau Provinsi dapat memenuhi lima klaster. Lima klaster itu, yakni hak sipil dan kebebasan, pengasuhan alternatif dan lingkungan keluarga, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya serta, perlindungan khusus,” jelasnya.

Diketahui penilaian KLA dilakukan oleh tim beranggotakan Pakar Anak, Kementerian/Lembaga (Kemenko PMK, Kemendagri, Bappenas, Kemenkumham, Setneg, Kantor Staf Presiden (KSP) dan KPAI. Sementara tahapan penilaian yaitu Penilaian Mandiri, Verifikasi Administasi, Verifikasi Lapangan, dan Finalisasi.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar