Asus
Iskandar Ajak Masyarakat Bolsel Sukseskan Sensus Penduduk

Mengajak : Bupati saat memperlihatkan app sensus penduduk, di Ponsel miliknya.

 

KLIKSULUT, BOLSEL - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Haji Iskandar Kamaru S Pt, mengajak seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Bolsel untuk turut ikut serta mensukseskan Sensus Penduduk tahun 2020, secara online.

Pasalnya, hanya berbekalkan KTP dan Kartu Keluarga, Bupati dan Wakil Bupati melakukan langkah-langkah pengisian formulir SP Online melalui Android. Tak cukup 30 menit, formulir berhasil diselesaikan oleh kedua Pimpinan di Daerah religius ini.

Dengan adanya sensus penduduk secara online ini, Bupati berharap agar seluruh masyarakat Kabupaten Bolsel dapat turut berpartisipasi dalam mensukseskan sensus penduduk online.

"Mari kita sukseskan pendataan penduduk tahun 2020, secara online demi terwujudnya satu data kependudukan, termasuk ASN, Camat dan Sangadi se Kabupaten Bolsel juga, agar dapat mensosialisasikan hal ini di wilayah masing-masing," kata Bupati, Selasa (10/3) kemarin.

Terpisah, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Wilayah Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Bolsel, Jasni Makalunsenge mengatakan, sejak dibuka 15 Februari lalu, minat masyarakat di Kabupaten Bolsel masih tergolong sedikit untuk melakukan SP online tahun 2020 ini. Dengan suksesnya, Bupati dan Wakil Bupati Bolsel dalam mengisi formulir SP online tersebut, maka akan memancing keikutsertaan seluruh masyarakat dan pegawai yang ada di lingkup Pemerintahan Bolsel.

"Sosialisasi terus kita lakukan agar minat masyarakat semakin meningkat, salah satunya dengan mengajak Bupati dan Wakil Bupati secara langsung," ujar Jasni.

Dituturkannya, sensus penduduk ke 7 ini menggunakan metode kombinasi, yakni pertama secara online dan ke dua adalah sesi wawancara yang akan dikunjungi oleh petugas sensus nanti.

"Untuk sesi online akan berakhir 31 Maret ini, sedangkan pada sesi wawancara baru akan dimulai pada bulan Juli nanti, mengingat ada banyak masyarakat yang masih terbatas secara informasi dan teknologi. Dengan cepat terlaksananya SP online ini, maka akan membantu bakcup data penduduk, sehingga akan mempermudah Pemerintah Daerah dalam berbagai kebijakan," kuncinya.

Sekedar diketahui, bagi masyarakat yang akan melakukan SP online tahun 2020.Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka situs sensus bps.go.id melalui Android maupun laptop. Kemudian menyediakan KTP dan Kartu Keluarga untuk proses register, lalu isikan data kependudukan yang tertera di laman situs BPS. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar