Asus
Bursa calon kepala daerah provinsi Sulawesi Utara jelang Pilkada 2024 semakin menggeliat

Kliksulut,- Sejumlah nama bakal calon segera bermunculan. Sementara itu partai politik (parpol) pun mulai kasak kusuk menjalin komunikasi.Yang terbaru yakni pertemuan Christiany Eugenia Paruntu (CEP), Conny Rumondor, dan Victor Mailangkay.

Ketiga ketua parpol tersebut dikabarkan bertemu di Jakarta beberapa waktu lalu.Kans terbentuknya koalisi GolkarGerindra dan Nasdem pun menguat. Jika terbentuk, koalisi tersebut bisa mengancam pencalonan ketau Demokrat SulutElly Lasut.

Diketahui, Golkar punya bekal 6 kursi DPRD Sulut. Capaian tersebut sama dengan Nasdem.Sedangkan Gerindra punya 4 kursi.Apabila ditotal koalisi Gokar Gerindra Nasdem punya 16 kursi untuk mengusung pasangan cagub-cawagub.Sementara itu PDIP bisa mengusung calon sendiri lantara punya bekal kursi yang melimpah di DPRD Sulut yakni sebanyak 19.

Pencalonan Elly Lasut sebagai gubernur Sulut masih bisa terwujud.Masih ada 4 parpol yang punya kursi dan belum menentukan arah politiknya. Keempat parpol tersebut yakni Perindo, PKB, PKS dan PSI yang masing-masing meraih satu kursi. Demokrat bisa menggaet keempat partai tersebut untuk memenuhi kuota kursi sebagai syarat pencalonan. Opsi lainnya agar Elly Lasut bisa bertarung di Pilkada Sulut yakni dengan mengumpul dukungan dari masyarakat dan maju sebagai calon perseorangan atau jalur independen.

Demokrat Dekati Gerindra Sekretaris DPD Partai Demokrat Sulut Billy Lombok mengatakan, pihaknya tengah menjajaki koalisi dengan partai Gerindra. "Komunikasi kebangsaan antara Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat pak SBY dengan pak Prabowo Subianto di acara buka puasa partai Demokrat," kata dia.

Sebut dia, dalam bincang bincang itu, mengemuka bilamana Sulut jadi daerah prioritas nasional untuk dimenangkan. Dengan figur utama Elly Lasut. Kans Tiga Poros di Pilkada Sulut

PDIP dapat mengusung sendiri calon Gubernur karena meraih kursi berlimpah pada Pemilu 2024. Ketua DPD PDIP Sulut Olly Dondokambey sudah memastikan Steven Kandouw sebagai Calon Gubernur. Pasangannya yang digadang-gadang adalah Rita Tamuntuan, Iskandar Kamaru, Yasti Soepredjo Mokoagow dan lainnya.

Namun PDIP bisa saja menggaet partai Gerindra.Ini dimungkinkan karena dua parpol ini tengah di ambang koalisi di tingkat nasional. Jika demikian, bisa saja Steven Kandouw akan duet dengan Rahayu Saraswati. Poros lainnya adalah Golkar, Nasdem dan Gerindra.

Golkar dan Nasdem masing masing meraih 6 kursi. Sedang Gerindra 4 kursi. Calon yang muncul bisa saja Tetty Paruntu, Victor Mailangkay, Conny Rumondor, Jan Maringka atau Yulius Komaling.Poros ketiga adalah Demokrat.

Demokrat hingga kini masih menjajaki koalisi dengan Gerindra di pusat. Bila Gerindra lepas, Demokrat hanya bisa berharap pada parpol seperti PSI, PKB, Perindo dan PKS untuk membentuk koalisi. Demokrat punya 6 kursi. Sedang PKB, Perindo, PSI dan PKS masing masing kantongi 1 kursi. ( tribun/ist)

 
 
 
 
 
 

Berita Terkait

TInggalkan Komentar