Asus
Dihadiri Ribuan Orang, Puncak Perayaan HUT Boltim Spektakuler

 KLIK SULUT, BOLTIM – Gelaran Kabela Fest 2022 berlangsung meriah. Ribuan orang tumpah ruah di Lapangan Gogaluman, Tutuyan, menyaksikan pertunjukan seni dan musik tradisional dari para seniman, budayawan dan musisi lokal Bolaang Mongondow.

Bupati Sam Sachrul Mamonto, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemuda Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang sukses menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Ini (kabela fest) adalah karya anak-anak daerah kita. Saya menaruh hormat kepada kalian (pemuda),” sebut bupati.

Puncak perayaan HUT Boltim itu menampilkan beragam pertunjukan seni dan musik tradisional Mongondow dan etnis lain yang ada di Boltim seperti Gorontalo, Arab dan lainnya. Selain itu, ada juga penampilan teater yang mengisahkan sejarah masuknya Bogani Inde Dou dan Tadohe di wilayah timur totabuan atau yang saat ini adalah wilayah administrasi Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

“Menghadirkan artis dari luar atau dari Jakarta itu perlu, tapi menghargai karya anak muda Bolaang Mongondow Timur itu jauh lebih hebat. Anak-anak muda Boltim hebat semua,” kata bupati.

Bupati mengungkapkan, kegiatan serupa akan digelar lagi dikesempatan berikutnya atau saat momentum HUT Boltim ke-15 tahun depan. Bukan tanpa alasan, tujuannya adalah melestarikan budaya yang menjadi peninggalan para leluhur

“Saya berkeinginan untuk menggali semua potensi yang ada di daerah ini, mulai dari budaya, pariwisata dan lainnya. Bolaang Mongondow Timur adalah sepotong surga yang diberikan pemilik semesta, maka tugas kita adalah menjaga dan mensyukurinya,” ujar bupati.

Diakhir sambutannya, bupati menyampaikan pesan mogoguyang (leluhur), yakni; Mototompiaan, Mototabian dan Mototanoban. “Pesan ini harus jadi pegagangan kita, maka insya allah hidup kita akan damai,” tambah bupati. (rpm)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar