Asus
Cahyadi: Tingkatkan Pola Pikir Nelayan, Dari Mencari Ikan Menjadi Menangkap Ikan
Kliksulut.com, BITUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyelenggarakan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) tahun 2022 di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (28/6/2022) tepatnya di kantor BPPP Tandurusa.
 
Kegiatan yang dilaksanakan ini secara resmi dibuka langsung Wali Kota Bitung Ir.Maurits Mantiri didampingi kepala kantor Stasiun BMKG Maritim Bitung Andi Cahyadi.
 
Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) merupakan kegiatan yang diselenggarakan dengan konsep sekolah lapang untuk memberikan informasi dalam pemanfaatan produk informasi cuaca dan iklim laut BMKG.
 
Kata Cahyadi, SLCN yang diadakan di Kota Bitung merupakan agenda Nasional dari SLCN seluruh Indonesia, dari 38 lokasi yang ditentukan Pemerintah pusat.
 
Ada tiga poin tujuan SLCN ini, yakni untuk meningkatkan pola pikir melayan, dari mencari ikan menjadi menangkap ikan, serta meminimalisir kecelakaan laut di perairan Sulut dan ke-tiga menjadikan teman-teman sekolah lapang tersebut jaring simpul pengamatan.
 
"Selama ini BMKG pembuatan perkiraan cuaca di laut dan kita membutuhkan verivikasi untuk perkiraan cuaca tersebut dan nelayan inilah yang akan menjadi fuluntir sebagai pengamat cuaca di laut,"kata Cahyadi.
 
Lanjutnya, SLCN kali ini terselenggara atas dukungan mitra kerja dalam wujud kerjasama pentaheli serta dilakukan penandatanganan kerjasama dengan dua politeknik pelayaran yang ada di Sulut.
 
"Kerjasama kami tentunya di bidang akademisi dan penelitian, serta kami siap mengabdikan ilmu kami untuk memberikan pengetahuan wawasan untuk mengajar di dua politeknik tersebut,"terang Cahyadi.(bry)
 

Berita Terkait

TInggalkan Komentar