Asus
Kapal Pelni Bitung Bakal Dijadikan Tempat Isolasi Terapung Pasien Covid- 19
Kliksulut-- Upaya pemerintah Kota Bitung dan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), untuk menyiapkan ketersedian bed atau tempat tidur untuk Isolasi pasien Covid 19 terus dilakukan. 
 
Buktinya, Wali kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar menyampaikan permohonan kepada Gubernur Sulut Ollly Dondokambey untuk memberikan bantuan dalam upaya penanganan pasien Covid 19.
 
Hal tersebut pun langsung patut di syukuri, apa yang diharapkan pemerintah Kota Bitung sudah langsung di respons dengan baik oleh Gubernur. 
 
Gubernur Sulut Olly Dondokambey, langsung menghubungi Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi yang berencana menyiapkan kapal Pelni sebagai tempat isolasi terapung pasien Covid 19.
 
"Iya, jadi saat pak Gubernur berkunjung ke rumah sakti darurat Bitung beberapa waktu lalu kami menyampaikan masih mempersiapkan bed atau tempat tidur untuk pasien covid 19. Karena saat ini sudah tidak mencukupi dibandingkan dengan jumlah pasien yang di rawat. Dari komunikasi pak gubernur dengan pak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, disampaikan bahwa kemenhub akan membantu penangganan pasien Covid 19 di atas kapal Pelni sebagai tempat isolasi terapung," tutur Maurits Mantiri didampingi Hengky Honandar, disela meninjau KM Tatamailau yang akan di jadikan tempat isolasi terapung untuk pasien Covid 19, Kamis (29/7) kemarin.
 
Lanjut Maurits-Hengky, penyampaian pak Gubernur Sulut langsung di respons oleh Menteri Perhubungan dan mendelegasikan Dirjen Perhubungan Laut, PT Pelni dan jajaran lainnya menggelar rapat koordinasi virtual lewat zoom meeting Rabu (28/7) malam.
Dalam rapat itu juga disampaikan, rencana penggunaan kapal KM Tatamailau dan satu kapal pelni lainnya sebagai temapt isolasi terapung pasien Covid 19 dari Bitung, Kabupaten Minahasa Utara hingga Kota Manado.
Dan hari Kamis (29/7) kemarin pemkot Bitung, PT Pelni, PT Pelindo IV Persero cabang Bitung, forkopimda Bitung dan KSOP Bitung langsung meninjau kapal KM Tatamailau yang sedang port stay di dergama Pelabuhan Samudera Bitung. 
 
Rombongan naik ke atas KM Tatamailau, disambut  Capt. Roberto Matualage sebagai kapten kapal, Jenang 1 Fredri S Pusung dan Hendra Sihite selaku mualim 4 dan menuju ke dek 4 melihat bed yang bakal di jadikan bed isolasi pasien Covid 19 dari Kota Bitung dan Kabupaten Minut.
Tempat tidur seperti barak, berada di kelas ekonomi KM Tatamailau direncanakan akan disebar di deck 2, 3, 4 sampai lantai 5. 
 
Saat meninjau, pemkot Bitung pihak KM Tatamailau, PT Pelni dan KSOP serta jajaran terkait lainnya langsung berdiskusi mengatur bagaimana penggunaan dan pemanfaatan bed di atas kapal itu. 
Rombongan kemudian melanjutkan pengecekan ke bagian samping kemudi kapal, bagian atas kapal, lalu melakukan rapat terbatas di ruang musikaria kapal.
 
"Setelah kami memantau dan meninjau, untuk sarana dan prasarana sudah siap. Sarprasnya oleh Pelni, tinggal menyesuaikan penggunan bed agar sesuai dengan protokol kesehatan (prokes)," tutur Maurits Mantiri Wali kota Bitung. 
 
Lanjut Maurits, setelah rapat zoom dengan jajaran kemenhub, PT Pelni pusat, jajaran kepelabuhanan di Makassar dan Bupati Minut Joune Ganda pihaknya langsung membentuk tim teknis atau working tim yang kemudian melakukan ujicoba satu dua hari kedepan.
 
Hari keempat menyiapkan tambahan untuk sarana dan prasarana diatas kapal, dan pada hari kelima hingga sepekan persiapan sudah bisa menyiapkan tempat isolasi pasein covid 19 terapung di atas KM Tatamailau. 
 
Dalam percekapan juga, diusulkan kepada calon pasien dari Minut dan Bitung yang nantinya akan isolasi di atas KM Tatamailau untuk menyiapkan perlengkapan mandi sendiri, sipray tempat tidur dan untuk bantal agar nyaman. 
 
Turut hadir meninjau  Wali kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM, Wakil Walikota Hengky Honandar SE, GM Pelindo IV Persero Ramdan Kyai Demak , Teguh Harisetiadi selaku Plh Kepala Cabang PT Pelni Bitung, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Samudera Bitung AKP Wayan Budhiarta, mewakili KPLP. 
 
Sutiyono Plh Kepala KSOP Bitung, Kapolres Bitung AKBP Indrapramana H SIK, Laksamana Pertama TNI I Gung Putu Alit Jaya SH MS.i Komandan Guskamla Koarmada II, Kalaks BPBD Bitung Robert Rudy Wongkar, Plt Kepala Dinas Keaeharan Kota Bitung Piter Lumingkewas.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar