Asus

Robby Lumi: 767 Peserta UAS Berjalan Tanpa Hambatan

Posted by Klik Sulut 01Pendidikan267

Robby Lumi: 767 Peserta UAS Berjalan Tanpa Hambatan

KLIKSULUT, MANADO - Ujian Akhir Sekolah (UAS) di SMP Negeri 1 (Spensa) Manado dilaksanakan pada 06 April - 12 April 2021. UAS berjalan sesuai jadwal yang diatur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado,  Sekolah yang dipimpin Kepala Sekolah Drs Hezky Roby Lumi ini mempunyai peserta ujian sebanyak 767 peserta. "Tidak ada hambatan selama UAS," tegas Kepsek Roby Lumi.

Menurut Lumi, peserta didik sejak hari pertama ada delapan peserta yang tidak bisa mengikuti secara daring. “Peserta yang tidak bisa mengikuti secara daring sudah dikontrol wali kelas untuk mengikuti ulangan di sekolah. Jadi gunakan fasilitas sekolah,” terang Lumi. 

Pada hari kedua tertinggal dua peserta dalam melaksanakan ujian dengan menggunakan fasilitas sekolah. "Kemungkinan pada saat hari pertama siswa mempunyai masalah dalam kuota untuk melakukan ujian, tapi sekolah selalu menyiapkan fasilitas untuk peserta ujian sesuai aturan protokol kesehatan,” tambahnya.

Guna memaksimalkan kelancara UAS, Spensa Manado menggunakan Aplikasi Portal Wheiz, dimana aplikasi tersebut pihak sekolah bisa memantau siswa yang bisa mengikuti UAS dan jadwal siswa saat masuk dan selesai kegiatan ujian.

Pun setiap Wali Kelas IX harus berada di ruangan panitia untuk memantau jalanya ujian. "Jika ada peserta ujian yang mempunyai hambatan, bisa dilihat dengan aplikasi, dan panitia langsung menghubungi wali kelas untuk berkoordinasi dengan peserta ujian atau dengan orang tua siswa juga," terang Lumi.

 
Adanya aplikasi Portal Wheiz, masing-masing siswa tidak bisa bekerja sama, karena setiap siswa mendapatkan user name dan password untuk mengerjakan soal yang sudah di acak panitia. 
"Kalaupun kerja sama akan memakan waktu untuk mengerjakan soal selanjutnya,” ujar Lumi.

Sementara itu peserta ujian mendapatkan jadwal dalam satu hari mendapatkan dua mata pelajaran dengan masing-masing kurang lebih 90 menit. Mata pelajaran pertama dan kedua peserta ujian diberikan waktu 30 menit untuk menyiapkan diri.  "Bagi siswa yang tidak bisa ikut, Dikbud Manado memberikan jadwal susulan," pungkas Lumi. (tr-22)



A- A A+