Asus
Bupati saat menyerahkan bantuan pupuk dan kebutuhan pertanian lainnya ke petani

KLIKSULUT ID --Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana terus menunjukan komitmennya dalam mengakomodir sekaligus mendorong sektor pertanian di negeri Tampungang Lawo.

Kali ini Rabu (05/08) Bupati yang tak kenal lelah dan terus bekerja demi Sangihe ini menyambangi kampung Bira, Kecamatan Tabukan Tengah (Tabteng) untuk panen langsung buah Tomat yang kalo ini menjadi komoditi andalan masyarakat setempat.

Dalam arahannya, Gaghana mengingatkan lagi sebegitu penting produksi yang dilakukan masyarakat, dalam peningkatan perekonomian Kabupaten Kepulauan Sangihe.

"Kita tau bersama, secara nasional dampak COVID-19 hari ini memang sangat berpengaruh terhadap sektor perekonomian.

Dan yang paling besar, tercatat dari konsumsi rumah tangga, ditandai dengan pendapatan masyarakat yang menurun, disertai harga yang mahal, beruntung di Sangihe tidak sampai berpengaruh terlalu besar," ungkap Gaghana.

Menurutnya stabilnya harga produk bahan pokok di Sangihe, turut dipengaruhi oleh pertanian Hortikultura yang hari ini digenjot oleh petani muda Sangihe, dan pertanian lain yang terus digenjot masyarakat.

"Untuk itu, bisa saya katakan bahwa para petani merupakan pahlawan, tidak hanya bagi masyarakat, tapi juga bagi Sangihe secara umum," lanjut Gaghana. Dalam kesempatan itu, dirinya sekaligus mengimbau masyarakat agar dapat lebih menaikan kualitas pertanian di Sangihe, karena pada dasarnya, sektor pertanian sudah memberikan bukti real dengan komitmen kerja, ditopang pengetahuan dan pengalaman yang baik, sektor pertanian sudah mampu memperbaiki taraf hidup masyarakat.

"Bahkan saya membayangkan jika pertanian terus bertumbuh dengan baik dan kian diminatinya program Medaseng, tujuan Pemerintah terkait ketahanan pangan, stabilisasi harga pangan, bahkan peningkatan perekonomian masyarakat, bisa terealisasi secepatnya pasti tingkat kesejahteraan masyarakat akan terjamin,"harapnya.

Sembari menegaskan jika siklus pertanian bisa terus bergerak, setidak-tidak merata dengan data perkembangan pertanian di Sangihe hari ini, bukan hal mustahil jika pasar pertanian di Sangihe, bisa di akomodir secara utuh oleh masyarakat Sangihe secara mandiri, dalam artian mampu terlepas dari kebutuhan import pangan, yang bisa disediakan oleh petani lokal.

"Namun, tentu itu membutuhkan kerja sama dari semua pihak. Jika suplai pertanian lokal memadai dipasar, maka kita bisa membuat regulasi di Dinas terkait, untuk terus menyokong petani lokal.

Dari usaha tersebut, paling tidak kita bisa mempertahankan perputaran uang di Daerah ini, dan tentu berdampak bagi perkembangan taraf hidup masyarakat dan perekonomian Sangihe,"pungkasnya.(hry)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar