Asus
Enam Warga Minahasa Sembuh  Dari Corona Di Pulangkan

 
KLIKSULUT, MINAHASA - Enam pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sam Ratulangi Tondano, dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan dikembalikan ke keluarga masing - masing, Selasa (16/6) kemarin. Ke enam pasien yang dinyatakan sembuh yakni, kasus nomor 140, perempuan, umur 72. Kasus nomor 145, laki - laki, umur 74 tahun. Dan kasus nomor 195, laki - laki umur 9 tahun. Ketiganya warga Kawangkoan.

Kemudian kasus nomor 122, perempuan, umur 9 tahun. Kasus nomor 401, perempuan, umur 8 tahun. Dan kasus nomor 403, perempuan, umur 16 tahun.
"Ketiganya warga Tompaso," kata Dirut RSUD Tondano, Maryani Suronoto MBiomed usai pelepasan.Sementara itu, kepulangan ke enam pasien sembuh tersebut disambut antusias warga di masing - masing daerah. Bahkan mereka disambut dengan bunga dan poster.

"Terima kasih kepada seluruh dokter dan tenaga medis. Ngana nda sandiri, Tete Manis selalu menyertai", demikian isi tulisan dalam poster yang ditulis warga setempat. Sebelumnya, pelepasan ke enam pasien tersebut dilakukan Bupati Dr Royke Octavian Roring MSi diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala MSi bersama Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos, Kadis Kesehatan dr Maya Rambitan MKes, Dirut RSUD Tondano dr Maryani Suronoto MBiomed dan dokter serta tenaga kesehatan.

Proses pelepasan ke enam pasien ditandai dengan penyerahan bolon, bingkisan dan setangkai bunga serta surat yang menyatakan sembuh dari Covid-19.Asisten Pemerintahan dan Kesra, Dr Denny Mangala MSi yang juga koordinator gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Minahasa mengatakan, ke enam pasien telah dinyatakan sembuh setelah melewati dua tahapan swab test. "Ke enam pasien ini sudah dua kali swab test, dan hasilnya negatif," kata Mangala.

Dengan adanya pertimbangan medis yang menangani mereka, maka ke enam pasien ini bisa dipulangkan ke rumah masing - masing dan berbaur dengan keluarga.Mangala juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar menerima ke enam pasien ini dengan baik dan jangan pernah kucilkan mereka. Karena mereka sudah dinyatakan sembuh dan bisa berbaur dengan lingkungan masyarakat."Tentunya pemerintah dan Forkopimda Minahasa memberikan topangan moril kepada pasien yang sementara dirawat, agar mereka bisa mengikuti dari ke enam pasien yang sudah sembuh," tandas Mangala.

Untuk diketahui pasien positif Covid-19 yang sementara di rawat di RSUD Tondano berjumlah 14 orang. Dan 2 orang pasien dalam pengawasan (PDP). Meski telah dinyatakan sembuh dari Covid 19, keenam pasien tersebut diwajibkan untuk mengisolasi diri secara mandiri selama 14 hari. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar