Asus
Ivan Sumenda, Manado Clear and Clean Covid-9

 

KLIKSULUT, MANADO – Kepala Dinas Kesehatan Manado dr Ivan Marthen mengatakan hingga saat ini Manado masih ‘clear and clean’ dari penyebaran Covid-9. Ditemui dikantornya, Rabu (4/3), Kadis mengungkap memang ada beberapa warga yang dalam penanganan, namun pemeriksaan menunjukkan negative corona.

“Kami imbau masyarakat tak perlu resah dan tetap tenang, kita berdoa sehingga tidak ada kecemasan yang berlebihan, yang tentunya akan menurunkan ketahanan tubuh. Saya berharap warga untuk menjaga kesehatan, biasakan hidup sehat dengan makanan bergizi. Budayakan cuci tangan pakai sabun, dan hidup hygienis,” ujar dr Ivan.

Kadis juga menjelaskan seputar penggunaan masker. “Masker itu sifatnya disposibel, sehari saja cukup. Masker jadi sumber penularan virus dan bakteri kalau digunakan lebih dari satu hari. Masker hanya digunakan untuk yang sakit, dan tidak dianjurkan untuk yang sehat,” jelas dr Ivan.

Menurutnya, saat ini sendiri Manado masih dalam status waspada. “Dinkes Manado sebagai Media Center, untuk pusat penanggulangan virus corona. Penanganan di bidang kegawatdaruratan kesehatan terintegrasi dan bisa diakses di call center 112. Semua akses gratis, baik penanganan awal medis maupun ambulans. Itu bagian dari program pelayanan Walikota dan jajaran Pemkot Manado dalam mensejahterakan warganya,” pungkas Kadis. (*)    

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar