Asus
Tahun ini Pemda Bangun 35 Unit, Program RTLH Terus Berjalan

KLIKSULUT, BOLSEL – Program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan(Bolsel) terus dilakukan, terbukti melalui sejumlah organisasi perangkat daerah(OPD) program peningkatan kesejahteraan rakyat terus dilakukan. Tahun 2020 ini melalui Dinas Sosial(Dinsos) pemerintah daerah kembali menganggarkan pembangunan 35 unit Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) yang tersebar di dua kecamatan, yakni kecamatan Bolaang Uki dan Pinolosian Induk.


Kepala Dinas Sosial Nasrudin Gobel dikonfirmasi (9/1) di kantornya kemarin menuturkan, pembangunan 35 unit RTLH ini dipastikan segera running. “Setelah berkas rampung, kita langsung melakukan lelang. Dari 35 unit tersebut, 17 dibangun di Kecamatan Pinolosian dan 18 di Bolaang Uki ,” katanya.


Disebutkannya, untuk pembangunan 35 unit RTLH menelan anggaran kurang lebih Rp 1,750 miliar. “Mekanismenya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni masyarakat penerima tinggal menerima kunci saja, RTLH akan dibangun oleh pihak ke tiga dengan total anggaran per unitnya lima puluh juta rupiah,” ujarnya.


Untuk tahun ini kadis menambahkan, belum ada pembangunan RTLH bagi masyarakat lanjut usia(Lansia). “Tahun ini hanya dikhususkan bagi masyarakat fakir miskin lansia belum ada,” tandasnya.


Menurutnya, proses penetuan penerimaan pun terlebih dulu dilakukan validasi dan verifikasi sesuai dengan BDT (Basis Data Terpadu) yang diupdate per enam bulan. "Bupati memberikan waktu sampai tanggal 16 Januari ini untukProses validasi data kemiskinan ini, selanjutnya akan diteruskan ke Kementerian,"ungkapnya.


Sekadar diketahui, pembangunan RTLH merupakan salah satu program prioritas pemerintah daerah dalam rangka menekan angka kemiskinan. Pembangunan RTLH ini dianggarkan melalui anggaran pendapatan belanja daerah(APBD) tahun anggaran 2020. Pada tahun media 2016 hingga 2019, pemerintah daerah melalui Dinsos tercatat telah membangun 490 unit RTLH untuk rakyat kurang mampu.(*)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar