Asus

Foto : Arthur Waroka

 

KLIKSULUT,  BOLSEL- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) laksanakan tahapan seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di tujuh kecamatan telah memasuki tahap akhir. Hal ini, diutarakan oleh Sekertaris Bawaslu Bolsel, Artur Waroka, Selasa (17/12) kemarin.

Artur mengatakan, jika pihaknya telah menyebarkan formulir untuk meminta tanggapan masyarakat yang merupakan satu dari indikator lainnya, sebagai penentu kelulusan calon Panwascam. "Tahap perekrutan Panwascam sudah masuk tahap ke tiga yaitu berupa tes seleksi wawancara dan ini sudah dimulai sejak 15 Desember lalu," katanya

Dilanjutkannya, tujuan penyebaran formulir ini agar masyarakat terlibat dalam proses seleksi Panwascam sesuai dengan peraturan Bawaslu, yang mana formulir tersebut nantinya akan diisi oleh masyarakat, berisi tanggapan mereka terkait pelanggaran oknum atau peserta Panwascam yang ikut tes.  "Nanti masyarakat bisa menilai, setelah itu tinggal menunggu pengumuman," ujarnya.

Dijelaskannya, Bawaslu Bolsel memiliki standar tersendiri terkait kriteria seorang calon Panwascam yang diharapkan mampu mensukseskan Pemilihan Kepala Derah (Pilkada) pada tahun 2020 nanti. Namun, ada catatan khusus bagi calon peserta yang pernah menjadi panitia penyelenggara pada priode sebelumnya.

"Bawaslu Bolsel sudah ada semacam indikator atau ukuran kriteria bagi mereka yang pernah melaggar, ini akan menjadi catatan khusus bagi mereka karena tentu kita sangat berharap bahwa yang akan kita pilih benar-benar memiliki integritas," tuturnya.

Tak hanya itu, Artur juga berharap Panwascam yang terpilih adalah mereka yang memiliki kualitas yang baik, dari backgroud, pengalaman organisasi, serta mampu bertanggung jawab dan berkontribusi melakukan pengawasan pada Pilkada 2020 nanti. "Yang seperti ini yang kita butuhkan," kuncinya. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar