Asus
Detektor Gempa Tsunami Beroperasi 2020

FOTO: Pembangunan tempat penyimpanan alat pendeteksi gempa-tsunami.

 

KLIKSULUT,  BOLSEL - Tahun 2020 mendatang, alat pendeteksi Gempa dan Tsunami yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) akan mulai beroperasi. Hal ini, sebagaimana yang dikatakan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolsel, Daanan Mokodompit melalui Kabit Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Nurdin Patajenuh, belum lama ini.

Nurdin mengatakan, jika alat tersebut merupakan hibah dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat. "Totalnya mencapai 3,5 miliar yang terdiri dari Bangunan dan alat. Untuk saat ini, sementara dilaksanakan pemasangan instalasi alat pendeteksi gempa," kata Nurdin. Dijelaskan Pemkab Bolsel menyediakan lahan hibah di belakang Kantor Kemenag serta pemasangan pagar, paving blok dan dana sharing yang totalnya sebesar Rp 175 juta.

"Sementara untuk teknisinya ada tiga orang dari PT Land Industri yang merupakan pemenang tender. Nah, untuk pemasangan peralatannya akan berlangsung selama dua minggu dan akan beroperasi pada awal tahun. Alat ini juga, akan mendeteksi gempa berupa sensor gempa bumi dan gelombang tsunami," jelasnya.

Dituturkannya, jika lobinya untuk masuknya peralatan pendeteksi ini buah perjuangan Anggota DPR RI Haji Herson Mayulu S Ip, yang merupakan mantan Bupati Bolsel dua periode. "Saya yang minta, alat tersebut pada saat rakornas 2019 di Kota Surabaya. Karena secara geografis, daerah Bolsel dikelilingi cincin api yang memudahkan terjadinya pergeseran lempeng dan patahan kerak bumi," bebernya.

Ditambahkannya, untuk penentuan titik BMKG yang menentukan dan dengan pertimbangan Bolsel daerah rawan bencana karena tujuh kecamatan memanjang ditepi pantai. "Alat ini bisa mendeteksi gempa, sampai ke faerah tetangga yakni Boltim sampai dan Kabupaten Bone Bolangon, provinsi Gorontalo," tandasnya.

Sebelumnya, Kepala BPBD juga menyampaikan jika BMKG Sulut, yang akan mengoperasikan alat tersebut. Walapun masi dibawah kendali BMKG Provinsi Sulut, masyarakat Bolsel bisa mengakses informasi terapdet perihal terkait potensi gempa dan tsunami.

Ditambahkannya, demi mendukung keaman alat tersebut, pemerintah Kabupaten Bolsel telah menghibahkan anggaran untuk pembuatan akses jalan dan Pagar Bangunan. " Alhamdulilah jalan dan bangunannya sudah jadi," kuncinya. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar