Asus
KPU Boltim, Gelar Bimtek Calon Perseorangan

Foto : BIMTEK : Tampak Komisioner KPU Boltim menggel pelatihan jalur untuk bakal calon perserangan.

 

KLIKSULUT, BOLTIM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melakukan pelatihan jalur perseorangan melalui system aplikasi Sistem Informasi Calon sist (Silon) untuk tahapan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada tahun 2020.

Dikatakan Ketua KPU Boltim, Jamal Rahman Iroth pihaknya, berharap apa yang disampaikan dalam sosialisasi bisa dipahami dan dimengerti. Karena jika demikian, maka dipastikan tahapan pencalonan dalam Pilkada Boltim.

"Nantinya, akan berjalan lancar. Kalau semua paham dan mengerti aturan–aturan terkait, kami yakin tahapan ini tidak akan ada permasalahan," ungkapnya

Sementara, itu Komisioner, Divisi Teknis Pelaksanaan Apdul Kader Bacmid, untuk itu, aplikasi sistem silon ini, nantinya dapat dipergunakan pada saat tahapan verifikasi untuk pencalonan. Kata dia, bahwa hari ini (Red Kemarin) Bimtek yang dilaksanakan untuk penggunaan aplikasi silon kepada calon perseorangan yang menyerahakan mandat dari pasangan calon perserangan.

"Untuk itu, dalam pelatihan ini dilaksanakan, hanya diikuti dua bakal calon dari jalur perseorangan yakni, Robby Mamonto dan Rita Lamusu," ungkapnya,

Lanjutnya, selaian itu, pelatihan ini sekaligus penyerahan username dan password kepada Liaison Ofiicer (LO) bakal calon perseroanggan. Adapun, untuk bakal calon perseorangan di Pilkada 2020 memang lebih ribet.

"Mereka harus mengumpulkan foto copy KTP sebanyak 5.532 untuk dijadikan syarat pencalonan yang tersebar pada empat kecamatan dari tujuh kecamatan se-Boltim. Kemdian foto copi KTP dilampiri formulir B. 1-KWK, berkas B.1 KWK yang disediakan KPU sebagai penguat, dan membuktikan bahwa data itu memang benar-benar valid," tandasnya.(*)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar