Asus
Masyarakat Diminta Kelola dan Jaga Kelestarian Danau Tondano

PRA NATAL : Bupati Royke Roring menyerahkan bantuan kepada para lansia. (foto/ist)

KLIKSULUT, MINAHASA - Bupati Ir. Royke Octavian Roring, M.Si (ROR) mengatakan, jemaat dan masyarakat yang ada di wilayah kecamatan Kakas dan Kakas Barat, sangat diberkati oleh Tuhan. Sebab, Tuhan telah menitipkan alam ciptaannya termasuk Danau Tondano. Untuk itu ROR meminta jemaat dan masyarakat yang tinggal di sekitaran Danau Tondano agar dapat mengelola serta menjaganya kelestariannya.
"Mari kelola danau tondano dengan benar sehingga dapat dimanfaatkan untuk menjadi berkat bagi banyak orang," ajak ROR saat membawakan sambutan pemerintah dalam Safari Natal di kecamatan Kakas Raya, Rabu (11/12) bertempat di Jemaat GMIM Petra Tountimomor.

Lanjut ROR, tahun 2020 pemerintah akan menfokuskan untuk penanganan Eceng Gondok di Danau Tondano dan akan melibatkan TNI/Polri serta masyarakat. "Direncanakan apel perdana tahun 2020 akan dicanangkan/lauching peduli danau tondano," kata ROR.

Dikatakan juga, pemerintah, stakeholder terkait dan masyarakat untuk turut serta dalam penanganan Danau Tondano. "Selain itu, pemerintah akan membuat peretauran daerah (Perda) pengurangan sampah plastik dan pengadaan kendaaran sampah untuk kecamatan-kecamatan yang ada," tandasnya.

Diakhir sambutannya, ROR menyampaikan atas nama pemerintah, Bupati, keluarga Roring - Lumanauw, Wakil Bupati, keluarga Dondokambey - Lengkong dan Penjabat Sekda serta jajaran Pemkab Minahasa, mengucapkan selamat menyongsong Natal Yesus Kristus dengan penuh sukacita dan Tahun Baru 2020. "Mari rayakan natal dan tahun baru dengan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Kiranya berkat Tuhan semakin melimpah bagi kita semua," pungkasnya.

Pada kesempatan ini Bupati menyerahkan diakonia Natal, bantuan pemerintah kabupaten Minahasa berupa kursi roda untuk lansia, bantuan kebutuhan dasar untuk disabilitas. Turut hadir Forkopimda, jajaran Pemkab Minahasa dan para tamu undangan.(*)

 

Berita Terkait

TInggalkan Komentar