Asus
32 Perwira Disumpah Sebagai Penyidik

Foto caption:Penandatanganan berita acara penyumpahan dilanjutkan penyematan pin penyidik tindak pidana tertentu di laut kepada perwakilan peserta.

 

KLIKSULUT, MANADO - Sebanyak 32 Perwira Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII diambil sumpahnya sebagai Penyidik Tindak Pidana Tertentu di Laut. Penyumpahan tersebut dipimpin langsung Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar, Stud di Ruang Serbaguna Markas Komando Lantamal VIII, Manado, Senin (9/12).

Penyumpahan Perwira Pengidik Tindak Pidana Tertentu di Laut merupakan wujud dari upaya membina, memelihara dan meningkatkan kemampuan sekaligus peningkatan sumber daya manusia Lantamal VIII dengan tujuan mempersiapkan tenaga penyidik yang profesional di bidang keamanan laut.

“Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kemampuan dan keterampikan di bidang hukum laut, khususnya dalam hal penegakan hukum di laut,” kata Danlantamal VIII.

Tugas kewenangan TNI AL demi terlaksananya kegiatan operasi keamanan laut diwilayah kerja Lantamal VIII dalam rangka penegakan kedaulatan dan penegakan hukum di laut.

“Terlaksananya proses penyidikan tindak pidana tertentu di laut sesuai ketentuan serta seterjalinnya koordinasi yang baik antara TNI AL, dengan instansi terkait lainnya dalam bidang penyidikan tindak pidana tertentu di laut,” lanjut Danlantamal VIII.

Dalam kegiatan tersebut Danlantamal VIII menyaksikan penandatanganan berita acara penyumpahan dilanjutkan dengan penyematan pin penyidik tindak pidana tertentu di laut kepada perwakilan peserta.

Ke-32 Perwira penyidik yang berasal dari Mako Lantamal VIII dan Lanal jajarannya nantinya akan menerima pembekalan diantaranya tentang keamanan laut, penggalangan dan pengendalian wilayah pertahanan laut serta prosedur penyidikan, penuntutan dan pelimpahan berkas perkara ke pengadilan. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar