Asus
SMK Ichtus Manado Ditutup, Legislator Manado Angkat Bicara
 
KLIKSULUT, MANADO - Penutupan itu sesuai rekomendasi yang dikeluarkan Disdikda karena hasil investigasi didapati sekolah itu banyak melakukan pelanggaran.
 
 “Dengan berat hati, kami merekomendasikan untuk mencabut izin operasional SMK Icthus,” Kadis Dikda Sulut Grace Punuh.
 
Menurutnya, pencabutan izin sekolah tersebut sudah dilaporkan ke gubernur. Sedangkan untuk siswa yang terdaftar di sekolah tersebut akan dipindahkan ke sekolah terdekat atau didaftarkan pada Paket C untuk kelas 12. 
 
Siswa kelas 10 dan 11 yang pindah  ke sekolah terdekat harus mengikuti test kompetensi. 
Sebelum melaksanakan mutasi siswa akan dilaksanakan pertemuan dengan orang tua siswa dan akun Dapodik sekolah diblokir sementara.
 
Punuh berterima kasih atas perhatian dari kementerian terkait penanganan kasus dan solusinya yang disampaikan. “Saya berharap tindakan ini menjadi refleksi agar kasus ini tak terjadi lagi,” pungkasnya. 
Penutupan sekolah SMK Ichtus mendapat tanggapan serius legislator Manado. 
 
“Kami mendukung penutupan sekolah tersebut jika memang ditutup dan berharap tak ada lagi kejadian sadis serupa di sekolah lainnya," kata legislator Manado Maikel Towoliu dan Bambang Hermawan, kemarin. Keduanya sepakat penutupan ini harus jadi efek jera dan bagi pelakunya harus diproses sesuai hukum yang berlaku. 
 
Ditambahkan Towoliu, Dinas pendidikan sebagai instansi terkait juga harus pro aktif dan berinovasi untuk kemajuan pendidikan serta yang paling penting adalah pendidikan karakter.
 
Sebelumnya, guru agama Kristen bernama Alexander Pangkey (54), tewas dibunuh muridnya. Pembunuhan terjadi hanya karena murid tersinggung dengan teguran guru yang meminta tak merokok di sekolah. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar