Asus
Misa Syukur TNI-Polri Wilayah Garnisun Manado, Dipimpin Kardinal Prof. Dr. Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo

 KLIKSULUT, MANADO - Kardinal Prof. Dr. Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo memimpin Misa Syukur TNI-Polri wilayah Garnisun Manado, di Gereja Katolik Hati Tersuci Maria Katedral Manado, Rabu (23/10/2019) pagi.

Dalam misa yang dihadiri Kapolda Sulut, Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto, S.H., M.Si., beserta para pejabat TNI-Polri, para personel TNI-Polri dan PNS ini, Kardinal turut didampingi Pastor Selebran lainnya, yakni Uskup Emeritus, Mgr. Joseph Suwatan, MSC., Uskup Manado, Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC., dan beberapa Pastor Keuskupan Manado.

Kardinal dalam khotbahnya, mengobarkan semangat dan rasa cinta tanah air kepada seluruh umat yang hadir. “Seperti yang dilakukan oleh para Pahlawan Nasional yang memberikan hidupnya untuk nusa dan bangsa,” ujarnya.

Dari sejumlah Pahlawan Nasional, lanjut Kardinal, di antaranya ada Pahlawan yang beragama Katolik. “Dari Angkatan Udara, kita mengenal Agustinus Adi Sucipto. Dari Angkatan Darat, kita mengenal Ignatius Slamet Riyadi. Dari Angkatan Laut, kita mengenal Yosafat Sudarso, dan dari Kepolisian, kita mengenal Karel Satsuit Tubun,” sebut Kardinal.

Para Pahlawan tersebut, sambungnya, memberikan hidupnya sampai titik darah penghabisan. “Mereka semua adalah murid-murid Yesus yang yakin dipanggil untuk semakin setia mengikuti Yesus lewat profesi TNI dan Polri,” kata Kardinal.

Kardinal berharap, teladan para Pendahulu dan Pahlawan Nasional kita di lingkungan TNI dan Polri sungguh menjadi inspirasi dan semangat bagi para anggota TNI dan Polri beserta keluarga untuk mensyukuri profesi ini.

“Dan sebagai wujud syukur terus menerus mencoba memaknai, memberi makna yang semakin dalam kepada profesi ini. Tuhan memberkati,” pungkas Kardinal, yang juga mengemban tugas sebagai Uskup Umat Katolik di Lingkungan TNI & Polri ini.

Usai misa dilanjutkan kegiatan Sambung Rasa dan Peneguhan Personel TNI, Polri dan PNS Bersama Kardinal, di Wisma Montini Keuskupan Manado.

Di tengah-tengah kegiatan tersebut, juga diisi dengan pengarahan oleh Romo Yos M.M. Bintoro, Pr., dengan tema “Peran Strategis Umat Katolik di Lingkungan TNI dan Polri dalam Membangun Semangat Berbangsa Demi Keutuhan dan Kedaulatan NKRI”.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar