Asus
Dinsos Boltim Salurkan Air Bersih Untuk Warga

KLIKSULUT, BOLTIM –

Mengantisipati kekeringan yang berkepanjangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengharuskan Pemkab Boltim untuk turun membantu menyediakan air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di pesisir pantai, belum lama ini.

Penyaluran air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan tersebut sudah dimulai sejak banyaknya masyarakat yang mengeluhkan krisis air bersih.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Boltim, Slamet Umbola melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Fitria Rauf menyampaikan penyaluran yang mereka lakukan bersifat keliling, tidak bisa satu tempat saja, karena air bersih yang disalurkan bukan buat mandi atau mencuci melainkan untuk dikonsumsi masyarakat.“Sudah tiga desa yang mendapatkan penyaluran air bersih, yakni Desa Tutuyan Tiga, Desa Jiko dan Jiko Utara, “ ungkap Fitria.

Ditambahkan pula untuk, mendapatkan air bersih harus melalui prosedur, harus ada surat permohonan dari pihak desa terkait bantuan air bersih. “Jika ada permohonan dari desa maka kami siap menyalurkan, agar sasaran yang di salurkan air bersih ini bisa di ketahui dan terarah,ujarnya

 Kepada masyarakat di himbau pada saat mendapatkan bantuan air bersih, diharapkan dapat menggunakan semaksimal dan seefektif mungkin, jangan boros penggunaan air, dan gunakan sesuai peruntukanya.“Jika air itu untuk dikonsumsi, jangan gunakan untuk mandi atau keperluan lainnya,“ungkapnya.

Kepala Seksi Bencana Alam Dinsos Boltim, Agung Sambali mengatakan akan terus melakukan penyaluran sesuai permintaan warga selama musim kemarau.“Desa Jiko dan Jiko Utara kita suplay setiap hari, pagi dan siang hari. Karena, memang kondisi di dua desa ini sangat memerlukan air bersih. Sedangkan untuk pesisir pantai Tutuyan sudah dua kali sebanyak 5000 liter sesuai isi tanki, “ kata Agung.

Sementara itu beberapa warga Tutuyan Tiga, sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah, karena sudah dua kali mendapatkan bantuan air bersih. “Kami sangat terbantu. Bantuan ini mencukupi kebutuhan air sehari-hari kami,” jelasnya. (*).

Berita Terkait

TInggalkan Komentar