Asus
Gandeng Unsrat, Pemkab Bolmong Luncurkan SIDEKA

KLIKSULUT, MANADO -- Mewujudkan Smart Government sejalan dengan Reformasi Birokrasi layanan publik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) dengan menggandeng Univerisitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menggelar launching aplikasi website Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA).

Launching yang digelar di auditorium Unsrat Manado, Jumat (9/08) kemarin, dirangkaikan dengan penutupan pelaksananan kuliah kerja terpadu (KKT) 3.623 mahasiswa Unsrat angkatan 212 yang dilaksanakan di Kabupaten Bolmong.

Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, SIDEKA merupakan program andalan mahasiswa KKT angkatan 121. “SIDEKA merupakan sebuah sistem aplikasi yang berguna untuk mengelola informasi khususnya di lingkungan pemerintah desa dan kelurahan, serta dapat diakses oleh masyarakat desa dan semua pemangku kepentingan,” kata Yasti dalam sambutannya. Selain itu, lanjut Bupati, sistem aplikasi ini merupakan amanat pasal 86 undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. SIDEKA telah diintegrasikan dengan website Pemkab Bolmong, serta menjadi salah satu pedoman dalam penyusunan RPJMDes, RKPDes, dan R-APBDes. “Sehingga aplikasi sideka ini diharapkan menjadi bagian dari data tunggal, yang dicanangkan oleh pemerintah pusat,” ungkap Yasti. Pada kesempatan tersebut, Rektor Unsrat Manado, Ellen Joan Kumaat, menuturkan, selama proses pengumpulan data, para mahasiswa KKT telah melakukan pelatihan bagi operator-operator desa agar dapat memberikan informasi setiap perkembangan inovasi desa.

Sehingga itu, Elen menyampaikan terima kasih kepada masyarakat, kepala desa, camat serta jajaran pemkab Bolmong, teristimewah Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow yang telah memberikan support penuh sehingga pelaksanaan porgram unsrat manado dapat berjalan baik.

Usai launching dan penutupan KKT, Bupati Yasti juga memberikan hadiah bagi Posko KKT terpencil yakni Posko Desa Pomoman Kecamatan Poigar dan Posko Desa Kolingangaan masing-masing uang tunai 5 juta rupiah.

Selain itu, bupati juga memberikan hadiah berupa handphone kepada 15 posko terbaik. Kegiatan tersebut turut dihadiri segenap jajaran Pemkab Bolmong, serta civitas akademika Unsrat Manado.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar