Asus
Kemenag Gelar Simulasi Manasik Haji

 

KLIKSULUT, BOLSEL – Jelang pembarangkatan 11 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menuju embarkasi 30 Juli mendatang, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bolsel akan menggelar simulasi manasik haji yang rencananya digelar (19/7) hari ini. Menurut penuturan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Bolsel, Mohammad Zulkifli Latoale, kegiatan simulasi tersebut merupakan pembekalan terahkir JCH sebelum pemberangkatan. “Simulasi ini dimulai usai pelaksanaan program ibadah subuh berjamaah di Masjid An-Nur Molibagu,”ujarnya saat ditemui di kantornya, Kamis (18/7) kemarin.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah membuat skema simulasi manasik haji sudah diatur seperti saat para jemaah tiba di tanah suci nanti. “Masjid An-Nur Molibagu kita jadikan sebagai Bandara King Abdul Aziz, kemudian Masjid Amirul Mukminin sebagai Hotel Awan tujuan pertama para jemaah dan Kantor Kemenag sebagai lokasi Ka’bah dan titik-titik pelaksanaan rukun haji lainnya,”bebernya.
Di sisi lain, Zulkifli kembali mengingatkan terkait jadwal pemberangkatan para JCH. “Tangga 29 Juli mendatang para Jemaah sudah mulai memasukan koper, selanjutnya pada tanggal 30 Juli jemaah sudah diasramakan. Mereka tak bermalam, karena pada hari itu juga mereka langsung diberangkatkan ke embarkasi Balikpapan, kemungkinan tengah malam,”ungkapnya.
Lebih lanjut, Zulkifli mengatakan, setelah para Jemaah tiba di Balikpapan, mereka diistirahatkan dan tanggal 1 Agustus langsung diberangkatkan menuju Jeddah. “Jadwal tersebut sangat padat, kami sangat menganjurkan Jemaah menjaga kesehatan agar pelaksanaan tahapan ibadah haji berjalan dengan lancar,”harapnya. 
Di lain pihak, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Bolsel, Herry Mokodompit menyampaikan, setelah berkoordinasi dengan Kemenag, pihaknya memastikan kegiatan pelepasan JCH Bolsel akan dilaksanakan 26 Juli mendatang. “Terkait lokasi pelaksanaannya kita belum tetapkan, namun jika seperti tahun sebelumnya, bisa jadi digelar di Masjid An-Nur Molibagu atau Masjid Amirul Mukminin,”tuturnya.
Terkait dengan persiapan simulai manasik haji dan pemberangkatan, Kabag Kesra mengakui telah memberikan fasilitas penunjang untuk membantu kelancaran kegiatan. “Kita sudah siapkan bus baik untuk acara simulasi maupun keberangkatan para jemaah menuju asrama nanti,”pungkasnya. (*)

 

Berita Terkait

TInggalkan Komentar