Asus
Disdik Optimis 1263 Peserta UN Lulus 100 persen

Foto : Pelaksanaan UN berbasis komputer salah satu sekolah di Bolsel.

 

BOLSEL— Pasca pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) baik yang berbasis komputer atau masih menggunakan metode lama. Namun, Dinas Pendidikan (Disdik) setempat optimis, kululusan peserta UN kali ini mencapai 100 persen.

Sebagaimana yang disampaikan Kepala Disdik Bolsel, Rikson Paptungan saat bersuah dengan wartawan belum lama ini menyampaikan, sebelum pelaksanaan UN, setiap sekolah sudah diwanti-wanti untuk aktif melakukan pengayaan kepada siswanya demikian pula dengan pemberian materi tentang UN.

“Dengan bekal persiapan yang matang, kami optimis angka kelulusan anak didik kita mencapai angka seratus persen,”tegasnya.

Rikson menjelaskan, dari 26 SMP/sederajat yang ada di Bolsel, 22 sekolah sudah menerapkan UNBK pada 22 sampai dengan 25 April 2019 pekan lalu. Sisanya masih ujian manual dengan berbasis kertas dan pensil karena fasilitas jaringan internet di wilayah sana belum memadai.

“Hingga hari terakhir UNBK berjalan lancar. Memang hari ke dua sempat terkendala jaringan tapi bisa kita antisipasi dengan token off line,” jelasnya.

Diungkapkannya,  siswa yang terdaftar sebagai peserta UNBK tahun ini sebanyak 1263 siswa.

“Dari jumlah itu,  ada sekira 8 siswa yang tak ikut ujian. Mereka semua putus sekolah tapi sudah terdaftar sebagai peserta ujian. Pihak sekolah sudah berusaha semaksimal mungkin mengajak kembali para siswa itu untuk lanjut, tapi memang keinginan dari mereka yang sama sekali sudah tidak ingin sekolah,” tutupnya. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar