Asus
Pemkab  Sangihe Hibahkan Tanah ke PSDKP

foto:Bupati Jabes E Gaghana saat menyerahkan akte hibah ke pihak PSDKP Kementrian dan Perikanan.

 

SANGIHE— Sinergitas yang ditunjukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, dengan berbagai instasi vertikal patut diberi apresiasi dalam membawa Sangihe menuju perubahan. Pasalnya, Rabu (23/1)  bertempat di ruang rapat orca gedung Mina Bahari IV lantai 11 Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, telah terjadi pelaksanaan penandatanganan naskah perjanjian hibah antara Pemkab Sangihe dengan Direktorat Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, menyerahkan ke pihak KKP yang diwakili Sekretaris Jenderal Kementrian Kelautan dan Perikanan, yang juga sebagai Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan KKP Nilanto Perbowo. Dalam sambutannya Sekretaris menteri KKP menyampaikan apresiasi kepada, Pemkab telah menghibahkan tanah seluas 1500 m2 milik daerah yang saat ini telah dibangun kantor Stasiun PSDKP di Tahuna."Ini salah satu bukti peran Pemkab dalam mendukung upaya KKP, memberantas illegal fishing di wilayah perbatasan utara NKRI. Pemerintah Pusat akan selalu mendukung Pemkab Sangihe dalam setiap pengalokasian program kegiatan di daerah,"ujarnya.

Ditempat yang sama, Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME juga menyampaikan bahwa pemberian hibah tanah ini,  kiranya dapat membantu PSDKP membangun sarana pengawasan yang representative, sehingga kedaulatan wilayah laut Indonesia tetap terjaga dari pencurian ikan di kawasan nusa utara."Sebagai poros maritim dunia akan terwujud ketika   perairan Sangihe menjadi gerbang maritim yang maju,sejahtera dan mandiri,"tutur Bupati. Lanjut dikatakannya bahwa pihak PSDKP Tahuna selama ini, juga sering ambil bagian dalam membantu kelancaran program pemkab. Diantaranya dalam mendukung program, yang menyangkut masyarakat nelayan dan kepulauan yang tersebar di setiap wilayah di Sangihe."Komitmen PSDKP dalam memberantas illegal fishing di Sangihe sudah dapat dirasakan masyarakat nelayan, selain itu ada juga beberapa program pemkab yang dibantu,  seperti peminjaman kapal ketika akan dilakukan kunjungan kerja ke pulau terluar. Jadi jalinan kerjasama ini akan terus dibina serta dipelihara dengan baik,karena dalam kebersamaan semua kegiatan atau program akan lebih mudah diselesaikan,"pungkasnya.

Acara ini turut dihadiri, seluruh pejabat Direktorat Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan KKP RI dan dari Kabupaten Kepulauan Sangihe juga dihadiri oleh Ketua DPRD bpk.Benhur Takasihaeng SE, Wakil Ketua I DPRD Jhon Fre Sampakang, Sekretaris Daerah Edwin Roring SE ME, Asisten Pembangunan Setda, Kadis Kelautan dan Perikanan bersama jajarannya, Kabag Humas dan Protokol,Kabag Hukum dan Kabid Aset Badan Keuangan Daerah dan Kepala PSDKP Tahuna Johanis Madea. Acara diakhiri dengan penyerahan cendramata dan ramah tamah.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar