Asus
Loyalitas Pejabat Pemkab Sangihe Dipertanyakan

foto: Bupati Jabes Ezar Gaghana dan Wakil Bupati Helmud hontong didampingi Ketua DPRD Benhur Takasihaeng serta unsur forkopimda saat kegiatan medaseng di Kampung Kauhis Mecamatan Manganitu.

SANGIHE—Program Medaseng merupakan program orang nomor satu di Sangihe. Selain itu, program ini juga sangat dinantikan- nantikan masyarakat di setiap kecamatan yang dipilih dalam setiap bulan berjalan. Pasalnya, dengan program ini juga mampu mempererat tali silaturahmi antara pemerintah daerah dengan masyarakat.

Dalam kegiatan medaseng berbagai kegiatan dilakukan Bupati Jabes Ezar Gaghana dan Wakil Bupati helmud Hontong, diantaranya berdialog, berolahraga dan sampai menginap di rumah masyarakat dilakukan kedua pemimpin pilihan masyarakat sangihe ini lakukan. Bukan hanya kedua pemimpin daerah yang menginap,unsur forkopimda dan tamu dari kementrian juga dilibatkan dalam kegiatan medaseng. Tetapi yang sangay disayangkan sayang, dalam beberapa kali kegiatan Medaseng ada sejumlah pejabat terkesan tidak patuh pada program ini. Dinilai ada pejabat engan tidur dirumah masyarakat dan memilih pulang ke Tahuna ke rumah mereka masing-masing. "Padahal masyarakat sudah menyiapkan tempat tinggal yang layak bagi setiap pejabat di lingkup Pemkab Sangihe, namun ada juga yang harus memilih pulang," sesal Viktor Dampamanis salah satu masyarakat Kauhis yang rumahnya dijadikan tempat menginap salah satu pejabat.

Dia pun menilai, jika pejabatnya seperti ini, bukti loyalitas pejabat terhadap pimpinan bisa dinilai dari ketulusan mereka ikut apa yang menjadi program daerah. "Sebagai masyarakat kami minta Bupati dan Wakil Bupati mengevaluasi loyalitas sejumlah pejabat, sebab penginapan sudah disiapkan tetapi mereka memilih pulang saat kedua pemimpin daerah tidur," harap Viktor.

Bukan itu saja, sejumlah masyarakat yang ditemui di acara mesamper setelah acara ibadah pranatal, warga juga mengungkapkan prihatin terhadap pimpinan daerah yang memiliki bawahan seperti ini. Sebab dengan hal kecil saja tak diindahkan apalagi dengan pekerjaan yang ditugaskan demi membangun Sangihe, pasti tak dilakukan dengan sepenuh hati seperti tak ikut nginap di rumah masyarakat ini."Sudah saatnya Bupati dan Wakil Bupati mengevaluasi kinerja sejumlah pejabat yang hanya memikirkan kepentingan pribadi dari pada daerah, dengan kinerja seperti ini yang dirugikan pasti masyarakat Sangihe dan dampaknya akan jatuh ke pimpinan daerah juga nantinya,"harap masyarakat Manganitu. Lanjut mereka, kedua pemimpin yang lahir dari rakyat ini selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi Sangihe, jika tak didukung oleh bawahannya, semua pekerjaan akan berat mencapai hasil maksimal," terang mereka.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Jabes Ezar Gaghana berjanji akan mengevaluasi kinerja bawahannya yang masih memainkan pola lama dalam bekerja, apalagi pejabat yang sering memberi surga telinga tanpa memberikan hal positif untuk daerah. "Transparansi pejabat harus ditonjolkan dalam bekerja, begitu juga dengan hal kecil yang diungkapkan masyarakat seperti ini. Jangan sampai masyarakat menyalahkan pimpinan daerah dengan kinerja yang tak sesuai harapan, jika tak tulus atau tak mampu silahkan menghadap, supaya tak merugikan daerah ini," tandas Bupati yang dikenal dengan semboyan melayani dengan kasih ini.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar