Asus
Telur Burung Maleo Diproteksi

FOTO : Nampak tim TNBNWB dan warga saat mengamankan telur maleo dari serangan yang membahayakan, baru-baru ini.

 

BOLSEL—Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNWB) Resort Pantai Selatan bersama warga Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel),  mengamankan 23 butir telur burung maleo dari serangan predator. Pengumpulan telur burung Maleo tersebut merupakan  aksi  menyelamatkan burung maleo dari kepunahan. Tim yang dipimpin Ketua TNBNWB  Asep Solihin ini mengumpulkan telur yang tersebar di wilayah hutan batu mananggis, kemudian dipindahkan ke lokasi penangkaran.

Asep mengatakan, aktifitas penyelamatan burung endemik ini telah dilakukan sejak tahun 2017 silam. “ Warga yang ikut menyelamatkan puluhan butir telur  merupakan kelompok binaan yang  dikukuhkan  Juli 2018 lalu,” kata Asep.

Lanjutnya, pengumpulan telur maleo aktif dilakukan sejak September sampai November 2018 yang bekerjasama dengan EPASS TNWB dan KPHP Wilayah II Resort Bolaang Uki Posigadan. “Telur yang kita kumpulkan dikubur agar aman dari predator,” kata Asep.

Dirinya berharap,  telur yang diamakan, semuanya menetas dan bisa memberikan hasil bibit burung maleo. “Puluhan telur tersebut ditempatkan di lokasi penangkaran dengan suhu udara 34 derajat selama kurang lebih 60 hari lamanya. Uniknya, bukan induk yang mengerami tapi alam,” katanya. 
“Penyelamatan telur burung maleo dari kepunahan bukan hanya menjadi tugas dari anggota TNBNW, tapi  semua elemen warga,” tukasnya.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar