Asus
Bupati Bolsel Terima Penghargaan KemenKumHAM

Foto : Pemkab Bolsel kembali menerima penghargaan KemenkumHAM sebagai daerah peduli HAM. Tampak Plh Sekda Arvan Ohy saat menerima piagam penghargaan yang diserahkan Menkumham  Yasona Laoli, tahun 2017 lalu.

 

BOLSEL—Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) kembali menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) sebagai daerah peduli HAM tahun 2017. Sesuai undangan yang diterima , penyerahan penghargaan merupakan rangkaian kegiatan peringatan hari HAM ke-70, yang digelar di Kantor KemenKumHAM, Selasa (11/12) kemarin. Penghargaan akan diserahkan  Wakil Presiden Jusuf Kepala kepada kepala daerah penerima.

Kepala Bagian Hukum Bolsel Kadek Wijayanto menjelaskan, penetapan daerah peduli HAM telah melewati penilaian sesuai kriteria yang diatur dalam PermenKumHAM nomor 34 tahun 2016. Kriteria tersebut di antaranya, peduli hak atas kesehatan masyarakat, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak dan lingkungan yang berkalanjutan. “Penilaiannya diukur dari struktur, proses dan hasil,”terangnya.

Dituturkannya, di Sulut, ada 10 daerah yang masuk kategori. Namun, hanya 7 daerah yang ditetapkan sebagai daerah peduli HAM. Di antaranya, Bolsel, Minut, Sangihe, Bolmong, Kotamobagu, Bitung dan Tomohon. “Tahu lalu, kita juga menerima penghargaan yang sama sbagai kabupaten peduli HAM tahun 2016, dengan nilai melebihi standar,” tutur Kadek.
“Piagam diberikan sebagai penghargaan pemerintah pusat kepada daerah atas upaya membina dan mengembangkan wilayahnya sebagai daerah peduli HAM,” sambungnya.
Sekadar informasi, ini kali ke tiga Pemkab Bolsel menerima  menerima penghargaan yang sama dari KemenKumHAM. Tahun 2016 atas penilaian tahun 2015, tahun 2017 atas penilaian 2016 dan tahun ini, atas penilaian tahun 2017. tahun lalu, Penghargaan diterima Sekda Arvan Ohy yang diserahkan Menkumham Yasona Laoli.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar