Asus
Indonesia Negeri Super Majemuk

Foto: Sekot Audy Pangemanan Hadiri Sosialisasi Peningkatan Toleransi Umat Beragama.

BITUNG—Sekretaris Kota Bitung, Dr Audy Pangemanan hadiri acara sosialisasi Peningkatan Toleransi dan Kerukunan Kehidupan Beragama di Hotel Nalendra, Kota Bitung, Rabu (5/12) kemarin. Pangemanan mengatakan bahwa Indonesia adalah negeri yang super mejemuk, ada ratusan bahasa, puluhan suku bangsa dan 6 agama yang di akui Pemerintah, "Keragaman itu lah yang membuat bangsa kita kaya akan budaya, adat istiadat dan nilai luhur bangsa dalam wadah Bhineka Tunggal Ika. Semua melebur dalam satu rumah yakni negara kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Dasar Negara memayungi semua perbedaan yang ad di Nusantara," tutur Pangemanan.

Lanjutnya, dalam kaitannya dengan sila ketuhanan yang maha esa mempunyai makna bahwa segala aspek penyelenggaraan hidup bernegara harus sesuai dengan nilai-nilai yang berasal dari Tuhan. "Karena sejak awal pembentukan Bangsa ini, bahwa Negara Indonesia berdasarkan atas ketuhanan maksudnya adalah bahwa masyarakat Indonesia merupakan manusia mempunyai iman dan kepercayaan terhadap Tuhan dan iman inilah yang menjadi dasar dalam hidup berbangsa, Bernegara dan Bermasyarakat toleransi dalam kehidupan beragama di lindungi oleh Negara  Pancasila dan kepercayaan masing - masing menurut Dasar Kemanusiaan yang adil dan beradab," tukasnya.

Oleh karena itu kata Pangemanan, sikap toleransi perlu tumbuh dalam diri setiap warga negara Indonesia termasuk kita yang ada di Kota Bitung , karena sikap toleransi adalah suatu sikap atau perilaku manusia yang tidak menyimpang dari aturan. "Dimana seseorang menghargai atau menghormati setiap tindakan yang orang lain lakukan, sikap manusia adalah mahluk sosial dan akan adanya kerukunan hidup," pungkasnya.

Turut hadir Drs Meiki M Onibala MSi (Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan politik Prov Sulawesi Utara), Pdt Luki Rumopa (Staf Khusus Gubernur), Kepala Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Bitung Jefry Sondak, Kepala KUA Se-Kota Bitung Kakan Depag Kota Bitung, para narasumber Ketu FKUB Privinsi Sulawesi Utara dan Kota Bitung Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar