Asus
Penguatan Bakohumas, Humas Bolsel Gelar Sosialisasi

Foto : Tampak Kepala Bagian Humas, Ahmadi Modeong menyampaikan strategi dan program Bakohumas yang berkaitan erat dengan kepentingan publik.

 

BOLSEL—Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui Bagian Humas dan Protokoler kembali menggelar sosialisasi penguatan Bakohumas (Badan Koordinasi Kehumasan) di Aula Kantor Dinas Perhubungan Bolsel, Kamis (29/11) kemarin. 

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten III, Ridel Paputungan ini dihadiri jajaran pejabat Pemda, Kepala Sekolah, Kepala Puskesmas, Camat dan Sangadi. Mewakili sambutan Bupati Iskandar Kamaru, Asisten III menyapaikan, kegiatan ini telah diamanatkan dalam konstitusi Pasal 28F UUD 1945, pelaksanaan amanat konstitusi menjadi salah satu kewajiban bagi humas pemerintah. "Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) adalah memberikan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat dengan berbagai informasi baik apa yang telah, sedang dan akan pemerintah lakukan,"jelasnya. 

Pada kesempatan itu juga, Ridel mengakui sangat mengapresiasi atas digelarnya kegiatan tersebut. "Peran Bakohumas dalam pemerintahan sangatlah penting, terutama dalam menyampaikan informasi seputaran perputaran roda pemerintahan ke masyarakar,"ujarnya. 

Menurutnya, Bagian Humas memegang peranan penting terutama dalam mengelolah komunikasi dan informasi pemerintahan. "Humas pemerintah merupakan ujung tombak dalam menyampaikan program dan kinerja pemerintah. Selain itu, humas sebagai corong atau sumber informasi, yang  dituntut kemampuannya dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman yang sangat cepat terutama menghadapi perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi,"ungkap Ridel.

Menutup sambutannya, Asisten III berharap Humas pemerintah diharapkan dapat meningkatkan peranannya dalam pengelolaan informasi serta mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam mensukseskan berhagai program pemerintah untuk dinikmati oleh publik. “Untuk meningkatkan kemampuan perangkat, Humas dituntut menguasai teknologi informasi dan komunikasi,” tukasnya. 

Di lokasinyang sama, Kepala Bagian Humas Pemkab Bolsel, Ahmadi Modeong menyampaikan, tujuan digelarnya sosialisasi ini, untuk lebih memperkuat fungsi Bakohumas sebagai corong pemerintah. "Sebagai ASN baiknya harus berpartisipasi di dalam menjaga kerukunan semangat kebangsaan. Termasuk menangkal ujaran kebencian yang bersifat SARA. Peran Bakohumas terus diperkuat untuk meningkatkan terutama dalam penyebarluasan kebijakan program pemerintah. Tujuannya agar kebijakan pemerintah bisa semakin tersosialisasi dan dipahami masyarakat. Selain itu, tugas Bakohumas yaitu melakukan sosialisasi kebijakan kebijakan, kinerja pemerintah serta melakukan counter dalam manajemen isu terhadap kebijakan yang ditetapkan Pemerintah,"pungkasnya.

Sekedar diketahui, kegiatan ini menghadirkan narasumber Drs Santje Husain Kepala Seksi Kemitraan Komunikasi Informasi Publik Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Utara dan Click Rigel Wanke S.Sos Kepala Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi Sekertariat Daerah Provinsi Sulut.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar