Asus
KBPPPA Gencar Bentuk Kampung KB

Foto : Bupati Iskandar Kamaru mencanangkan Desa Soguo, Kecamatan Bolaang Uki sebagai Kampung KB, kemarin.

 

BOLSEL—Sebagai bentuk dukungan pada program nasional Keluarga Berencana (KB), Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) menambah jumlah kampung KB.

Menurut Kepala Dinas KBPPPA, Suhartini Damo ada 15 desa yang akan dicanangkan sebagai kampung KB. Salah satunya Desa Soguo, Kecamatan Bolaang Uki yang dicanangkan, Selasa (27/11) kemarin oleh Bupati Iskandar Kamaru.  “Pembentukan kampung KB merupakan tindak lanjut dari arahan presiden agar program KB dapat menggema kembali dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat terutama yang berada pada wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil di seluruh Indonesia. "Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat an mewujudkan keluarga kecil berkualitas,"jelasnya.

Sementara itu, usai mencanangkan kampung KB, Bupati Iskandar Kamaru dalam sambutannya menyampaikan, program KB tidak sekadar mensosialisasikan dua anak cukup. Tapi, program ini lebih mengarah pada peningkatan kualitas hidup masyarakat untuk mencapai kesejahteraan. "Program ini sengaja dibangkitkan kembali oleh pemerintah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,"ujarnya.

Senada juga disampaikan Kepala BKKBN Provinsi Sulut yang diwakili Kepala Bidang ADPIN Jacky Sambuaga. "Soal kependudukan ini sangat penting. Contoh di daerah pandat penduduk, wilayah pemukiman yang tidak layak terpaksa dijadikan pemukiman masyarakat meski beresiko tinggi,"singkatnya.

Di sisi lain, sampai Tahun 2018 ini Kabupaten Bolsel memiliki total 21 Kampung KB. Tahun 2016 Desa Transpatoa, Kecamatan Helumo dicanangkan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan di Tahun 2017 kembali dicanagkan lima desa sebagai kampung KB. Antara lain Desa Tolondadu 1, Desa Meyambanga Timur, Desa Pinolosian Selatan, Desa Deaga dan Desa Matandoi Selatan

Sekadar informasi, dalam kegiatan pencanangan kampung KB di Desa Soguo kemarin, Bupati Iskandar Kamaru juga melaunching Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) yakni SMA Negeri 1 Bolaang Uki. Selain itu ada penyerahan Media KIE kepada penyuluh KKBPK Kecamatan Bolaang Uki oleh Kepala BKKBN Provinsi yang diwakili Kepala Bidang ADPIN Jacky Sambuaga dan peresmian sekalugus penyerahan SK dan papan kelompok Central of Excelent Kelompok Bina Keluarga Lansia Kampung KB Desa Tolondadu oleh Ketua TP-PKK Bolsel Selpian Kamaru Manoppo beserta sejumlah jajaran pejabat Pemkab Bolsel.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar