Asus
Persiapan Naik Level, BPKB Nilai APIP Bolsel

Foto : Bupati dan Kepala Inspektorat Daerah saat menyambut kedatangan Tim Penilai dari BPKP Sulawesi Utara, kemarin.

 

BOLSEL— Dalam rangka meningkatkan aparat pengawasan intern pemerintah (APIP), Badan Pengawasan dan Pembangunan Perwakilan (BPKP) Sulawesi Utara (Sulut) menyambangi Pemkab Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dalam rangka menilai kinerja auditor internal pemerintah tersebut.

Disampaikan Kepala Inspektorat Bolsel, Peky Bangki mengatakan, penilaian itu dalam rangka peningkatan kapabilitas APIP. “Jadi kualitas APIP ini akan ditingkatkan dari level II ke Level III pada 2019 mendatang,”ujarnya.

Lanjut Peky, sebelumnya APIP Bolsel self assement (SA) penilaian mandiri dengan mengisi format SA. “Dalam pengisian SA ini, kita (APIP,red) menilai diri kita sendiri. Hasil mengisian kemudian disampaikan kepada BPKP. Setelah itu, tim BPKP turun ke Bolsel untuk menilai dan memverifikasi kebenaran dari format yang sudah diisi,”jelasnya.

Dituturkannya, tim BPKP sudah tiga hari berada di Bolsel untuk menilai 6 element kualitas peningkatan APIP. Salah satunya, melakukan Quality Assurance (SA) memalui wawancara pejabat pengambil keputusan. Yaitu, Bupati, Sekda dan Ketua DPRD. “Hari ini (kemarin,red) bapak bupati sudah diwawancara tim dari BPKP. Tinggal Ketua DPRD dan Sekda dijadwalkan esok. Rencananya, tim BPKP akan berada di Bolsel selama enam hari,” tuturnya.

Menurut Peky, kinerja APIP telah mengacu pada RPJMN dan RPJMD sesuai program pemerintah. “Insya Allah, tahun depan APIP Bolsel naik level tiga. Apalagi kapabilitas kita sudah memenuhi standar level tiga. Semoga kehadirian BPKP ini bisa menambah motivasi dalam meningkatkan kinerja pemerintah daerah,” tukasnya. Sekedar diketahui, kunjungan tim BPKP ini disambut langsung oleh Bupati Iskandar Kamaru dan Kepala Inspektorat Daerah.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar